Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Rabu 30 Agustus 2017, 09:42 WIB

Pasar Mobil Thailand Lebih Lengkap, Ada 'Gado-gado Sampai Sop'

Khairul Imam Ghozali - detikOto
Pasar Mobil Thailand Lebih Lengkap, Ada Gado-gado Sampai Sop Pameran mobil di Bangkok Motor Show (Foto: Imam Wahyudiyanta)
Jakarta - Bisnis ekspor kendaraan industri otomotif Indonesia saat ini masih tertinggal oleh Thailand. Hal ini terjadi karena Indonesia masih terpaku dengan 1 jenis kendaraan saja, yakni MPV.

Sedangkan Thailand mempunyai produksi lokal yang lengkap setiap jenis kendaraan mobilnya. Menurut Ketua I Gaikindo, Jongkie D. Sugiarto, saat ini penjualan Indonesia hanya bagus di pasar domestik saja. Sedangkan untuk pasar luar negeri atau global, masih jauh tertinggal dengan Thailand.

"Sekarang masuk ke restoran cuma ada gado-gado menunya, kamu dipaksa makan itu padahal nggak mau makan gado-gado, ya sudah ke luar lagi dari restoran itu, nggak jadi makan," ujarnya kepada wartawan, di Jakarta.

Sedangkan Thailand yang mampu mencapai angka ekspor sekitar 1,2 juta unit, jauh meninggalkan Indonesia yang hanya ada di angka 200 ribu unit.

"Thailand lengkap, ada gado-gado, ada sop, ada ini, itu, lengkap. Ada sedannya, SUV, MPV, pick-up, ya orang beli dari Thailand, nah itu yang saya bilang masih jago kandang," kata Jongkie.

Di waktu yang bersamaan, Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Warih Andang Tjahjono mengatakan, masih ada peluang untuk Indonesia mengejar ketertinggalannya dari Thailand terkait penjualan ekspor.

"Yang ingin kita bilang adalah Indonesia akan jadi pasar besar. Kalau naik 200 saja, kalau kepemilikannya tiga kali lipat saja akan jadi tiga juta," ucapnya.

"Sekarang Indonesia posisinya 80 unit (kendaraan) per 1.000 orang, kalau Tailand 200/1000, kalau negara maju 600-650 per 1.000 orang," tutup Warih.

(khi/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
FJB Otomotif +