Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Selasa 29 Agustus 2017, 13:42 WIB

Kemenperin: Siapapun Bisa Bikin Mobil Nasional

Khairul Imam Ghozali - detikOto
Kemenperin: Siapapun Bisa Bikin Mobil Nasional Foto: Angling Adhitya Purbaya
Jakarta - Banyak hal yang diserukan pemerintah kepada para pemain industri otomotif roda empat di Indonesia, diantaranya adalah membuat mobil nasional (mobnas).

Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (ILMATE) Kementerian Perindustrian, I Gusti Putu Suryawirawan mengatakan, mobnas bukan hanya bisa dibuat dan dimiliki oleh produsen asli dalam negeri.

"Jadi mobnas itu siapapun bisa membuat. Kalau kendaraan itu dibuat di dalam negeri, lokal konten tinggi dengan merek nasional kita bisa katakan itu adalah mobnas," ujarnya kepada wartawan, di Jakarta, Selasa (29/8/2017).

Siapapun kata Putu, bisa membuat mobil nasional, bukan hanya para produsen besar yang ada di Indonesia.

"Artinya mobnas bukan milik satu atau dua orang, siapain yang membuat kendaraan di dalam negeri, dan sebagainya, sebagaian komponen bisa sourcing di dalam negeri mereka bisa klaim bahwa itu mobnas," tuturnya.

Juga bukan hanya dari pemerintah saja, masyarakat juga bisa memiliki pandangan dan penilaian mengenai mobnas tersebut.

Menurut Putu, Pemerintah berperan sebagai pendukung, dan mengapresiasi bagi siapapun yang membuat mobnas dengan aturan-aturan yang ada.

"Pemerintah, memfasilitasi supya industrinya tumbuh. Supaya kemandirian tumbuh. Jadi jangan bilang ini program pemerintah. Ga ada lagi. Pemerintah akan memberi apresiasi kepada mereka yang membangun kendaraan itu," tutupnya. (khi/lth)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed