Perbandingan 100 Orang Bawa Kendaraan Pribadi dengan Naik Bus

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Kamis, 24 Agu 2017 19:15 WIB
Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Kendaraan pribadi disebut menjadi salah satu biang kemacetan. Masalahnya, satu orang bisa membawa satu kendaraan pribadi yang membuat populasi kendaraan di jalan raya semakin banyak.

Jakarta Smart City melalui akun Twitter @JSCLounge menyajikan data perbandingan panjang jalan yang dibutuhkan 100 orang dengan kendaraan pribadi dan kendaraan umum. Terlihat dari infografis yang disajikan Jakarta Smart City, 100 orang yang masing-masing membawa mobil memakan ruang jalan raya yang cukup banyak.

Dalam deskripsinya disebutkan, 100 mobil pribadi membutuhkan panjang jalan sekitar 510 meter untuk satu lajur jalan dengan asumsi jarak antarmobil satu meter.

Sementara jika 100 orang mengendarai sepeda motor sendiri, juga memakan jalan yang cukup banyak meski memang lebih pendek dibanding mobil. Dalam deskripsinya tertulis, 100 sepeda motor membutuhkan panjang jalan sekitar 85 meter untuk satu lajur jalan dengan asumsi jarak antarsepeda motor 50 cm.

Sementara itu, 100 orang bisa diangkut dengan satu unit bus Maxi Transjakarta. Satu unit bus Maxi Transjakarta hanya butuh panjang jalan 13,5 meter untuk satu lajur jalan.

(rgr/lth)