Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Sabtu 19 Agustus 2017, 11:30 WIB

Proses Produksi BMW i3 Juga Ramah Lingkungan

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Proses Produksi BMW i3 Juga Ramah Lingkungan BMW i3 di GIIAs 2017 (Foto: Rangga Rahadiansyah)
Tangerang - BMW i3 merupakan salah satu mobil ramah lingkungan dari pabrikan Jerman. Selain menjadi kendaraan rendah emisi, proses produksi BMW i3 juga disebut ramah lingkungan.

BMW i8 dan i3 diproduksi di Leipzig, Jerman. Pabriknya, menurut Product Planning Manager BMW Group Indonesia Tami Notohutomo, sudah menerapkan sistem ramah lingkungan.

"Penggunaan energi, mereka sudah bisa reduce sampai 50 persen, terus penggunaan air bisa reduce sampai 70 persen, pabriknya sendiri sudah ramah lingkungan dengan menggunakan 100 persen energi terbarukan melalui pembangkit listrik tenaga angin," kata Tami di arena GIIAS 2017 di ICE, BSD City, Jumat (18/8/2017).

Menurut Tami, bahan yang ada di BMW i3 merupakan material ramah lingkungan. Setidaknya 95 persen bahan BMW i3 dapat didaur ulang.

"Ini semua kendaraannya ramah lingkungan, bisa didaur ulang semua," kata Tami.

Untuk baterai, Tami menyebut, jika ada beberapa sel baterai yang rusak bisa langsung diganti. Jadi, baterai yang rusak tidak diganti satu paket keseluruhan melainkan hanya sel baterai yang rusak saja yang diganti.

"Baterai kita satu segini tidak semua langsung diganti, digantinya per sel. Mana yang rusak itu yang diganti, nggak mesti dicabut semuanya. Mungkin bisa (didaur ulang) dipakai untuk lainnya, mungkin untuk mobil atau motor yang memerlukan baterai," ujar Tami. (rgr/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed