Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Selasa 08 Agustus 2017, 17:41 WIB

Hatchback Ganas dari Korea, 100 Unit Habis dalam 2 Hari!

Dina Rayanti - detikOto
Hatchback Ganas dari Korea, 100 Unit Habis dalam 2 Hari! Hyundai i30 N (Foto: Hyundai)
Berlin - Hyundai mulai meluncurkan 100 unit hatchback i30 N. 100 mobil hatchback ganas buatan Korea Selatan hanya ada eksklusif di Jerman dan langsung ludes dalam 2 hari saja.

Hyundai beralasan mobil pesaing VW Golf GTI dan Ford Focus ST itu baru ada di Jerman karena telah melalui serangkaian tes dan telah dioptimalkan di Sirkuit Nurburgring. Alasan lain Pusat Teknikal Hyundai Motor Eropa juga berlokasi di Russelsheim, Jerman. i30 N merupakan model performa pertama yang dijual Hyundai.

100 orang pertama yang berhasil membeli hatchback itu harus menyetorkkan 1.000 euro atau sekitar Rp 15,7 jutaan lewat jasa PayPal. Mereka juga berkesempatan untuk menghadiri workshop dari bos desain i30 N dan diajarkan menyetir di trek oleh instruktur profesional.

Hyundai i30 N dikembangkan Hyundai dari basis i30. Huruf N ini mewakili performa mobil yang lebih tinggi dibanding versi standarnya. Hyundai i30 N hadir dengan mesin 2.000 cc turbo bertenaga 247 daya kuda. Akselerasi dari 0-100 km/jam hanya butuh 6,4 detik.

Hyundai menawarkan Performance Pack yang membuat tenaga mesin naik menjadi 271 daya kuda. Dengan Perfomance Pack, akselerasi 0-100 km/jam cukup 6,2 detik dengan launch control.

Kedua pilihan itu bisa menghasilkan torsi maksimal hingga 352 Nm. Kecepatan tertingginya bisa mencapai 250 km/jam. Sebelum diluncurkan, Hyundai telah menguji mobil ini total sejauh 10.000 km di sirkuit Nürburgring. Transmisi manual enam percepatannya membuat perpindahan gigi lebih sempurna.

Hyundai i30 N menawarkan beberapa mode berkendara seperti Eco, Normal, Sport dan N. Mode berkendara itu akan menyesuaikan suspensi, berat kemudi dan responsivitas gas.

Dilihat dari tampilannya, Hyundai i30 N ini tampak lebih ceper dibanding i30 standar. Mobil ini hadir dengan nuansa warna Performance Blue yang mirip seperti mobil Hyundai di ajang balap World Rally Championship (WRC). Spoiler belakang membantu meningkatkan downforce mobil, dan ventilasi besar membantu meningkatkan pendinginan.

Mobil ini juga menghadirkan variable valve exhaust terbaru. Knalpot bisa dibuat terdengar lebih agresif hanya dengan menekan sebuah tombol.

Di interiornya, terdapat jok sport beserta setir tebal. Di konsol tengah, terdapat layar sentuh lima inci sebagai standar, tapi konsumen bisa mengubahnya dengan layar delapan inci jika mau.

Meski tenaganya cukup besar, Hyundai i30 N terbilang masih praktis. Mobil ini tetap menawarkan kursi yang layak untuk tiga orang di baris belakang serta bagasi besar.

Sayangnya, Hyundai belum mengumumkan harga resmi i30 N. Kemungkinan, mobil ini bakal diluncurkan pada akhir tahun ini. (dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
FJB Otomotif +