Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Minggu 06 Agustus 2017, 12:33 WIB

Donald Trump Puji Aliansi Mazda-Toyota

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Donald Trump Puji Aliansi Mazda-Toyota Donald Trump (Foto: Reuters)
Washington - Presiden mana yang tidak senang ada perusahaan yang berinvestasi dalam jumlah besar di negerinya. Presiden AS Donald Trump memuji Toyota dan Mazda yang memutuskan membuat pabrik patungan di Amerika.

Pabrik akan memiliki kapasitas produksi per tahun 300.000 unit dan beroperasi pada 2021 dengan total karyawan mencapai 4.000 orang. Nilai investasinya mencapai US$ 1,6 miliar.

Di pabrik baru, Mazda akan memproduksi model crossover terbaru, sedangkan Toyota akan memproduksi Corolla yang sangat populer di Amerika.

Semua Corolla yang dijual di Amerika saat ini diproduksi di Ontario, Kanada atau Mississippi. Toyota juga punya pabrik di Indiana, Kentucky dan Texas. Sementara Mazda belum pernah lagi memproduksi mobil di Amerika semenjak kerja sama mereka dengan Ford kandas di awal dekade ini.

Donald Trump lewat akun Twitternya mengatakan investasi Toyota dan Mazda itu merupakan investasi yang bagus untuk manufaktur Amerika.

"Toyota & Mazda to build a new $1.6B plant here in the U.S.A. and create 4K new American jobs. A great investment in American manufacturing!," tulis Trump.



Trump selama ini sering mengkritik produsen mobil yang memproduksi mobil di luar Amerika. Dia bahkan mengancam akan memberikan pajak tinggi untuk setiap mobil yang masuk ke Amerika.

Namun Presiden Toyota, Akio Toyoda mengatakan pembangunan pabrik bersama dengan Mazda tidak terkait dengan ancaman Trump itu.

"Itu tidak terkait, dari mulai tahun ini, kamu sudah mulai mempelajari pabrik baru. Kami di Amerika sudah lebih dari 30 tahun dan kami ingin mereview seperti apa produksi yang optimum, dan hasilnya, kami ingin lebih efektif," ujar Toyoda. (ddn/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed