Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Jumat 04 Agustus 2017, 15:35 WIB

Toyota dan Mazda Bentuk Aliansi, Toyota Beli 5% Saham Mazda

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Toyota dan Mazda Bentuk Aliansi, Toyota Beli 5% Saham Mazda Foto: Istimewa
Tokyo - Persaingan yang ketat memaksa produsen mobil untuk selalu berpikir kreatif. Toyota memutuskan untuk beraliansi dengan Mazda. Toyota dan Mazda meneken perjanjian bersama hari ini.

Dalam siaran pers Toyota disebutkan 5 poin alinasi Toyota-Mazda. Pertama mendirikan perusahaan bersama joint venture) untuk memproduksi mobil di Amerika, kedua mengembangkan teknologi mobil listrik, ketiga mengembangkan teknologi mobil terhubung, keempat bekerja sama dalam hal teknologi keamanan dan terakhir mengembangkan complementary products bagi kedua pabrikan.

Dalam aliansi ini, Toyota membeli saham Mazda sebanyak 31.928.500 lembar saham senilai 50 miliar yen. Itu berarti Toyota memiliki saham sebesar 5,05 persen.

Logo MazdaLogo Mazda Foto: Istimewa


"Buah dari kerja sama kami dengan Mazda adalah kami menemukan partner yang benar-benar menyukai mobil, yang sudah memercikkan semangat kompetisi Toyota, memunculkan niat untuk tidak kalah dari Mazda. Inilah kerja sama antara mereka yang sangat berhasrat dengan mobil dan akan bersama-sama membuat mobil yang lebih baik. Ini juga merupakan realisasi dari keinginan kami untuk tidak membiarkan mobil menjadi komoditas belaka," ujar Presiden Toyota Akio Toyoda.

"Tidak ada yang memuaskan saya selain aliansi ini, kami bisa membantu untuk memberikan energi untuk industri otomotif, dan menciptakan penggemar baru dengan menggabungkan semangat bersaing kami. Yang pada akhirnya menghasilkan sebuah inovasi dan memupuk bakat dan pemimpin," ujar Presiden Mazda Masamichi Kogai.

Sebelumnya, Nissan membentuk aliansi dengan Renault dan Mitsubishi. Hasilnya aliansi Renault-Mitsubishi dan Nissan menjadi yang terbesar di dunia saat ini mengalahkan VW dan Toyota.

(ddn/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
  • Baru Beberapa Hari, Xpander Dicium Truk

    Baru Beberapa Hari, Xpander Dicium Truk

    Selasa, 21 Nov 2017 16:21 WIB
    Ketangguhan mobil buatan Bekasi, Mitsubishi Xpander langsung diuji oleh sebuah truk. Xpander yang baru beberapa hari umurnya, 'dicium' oleh truk Mitsubishi Fuso
  • Tesla Perlihatkan Mobil Tercepat Dunia

    Tesla Perlihatkan Mobil Tercepat Dunia

    Selasa, 21 Nov 2017 15:30 WIB
    Mobil listrik kian tak terkejar. Produsen mobil listrik asal Amerika, Tesla baru saja memperlihatkan mobil Roadster yang sangat ngebut.
  • Karimun Estillo Bergaya Rally Look

    Karimun Estillo Bergaya Rally Look

    Selasa, 21 Nov 2017 15:19 WIB
    Bingung mau memodifikasi mobil Suzuki Karimun Estilo? Hal ini sepertinya tidak berlaku untuk Ginanjar Utardi. Penasaran?
  • Peredam Kejut KYB Dominasi Pasar

    Peredam Kejut KYB Dominasi Pasar

    Selasa, 21 Nov 2017 14:43 WIB
    Tanpa peredam kejut, kendaraan pasti tidak enak dikendarai. Namun Otolovers tahu, mana yang paling banyak di pasaran merek peredam kejut?
  • Mobil Tanpa Sopir Masuk Anggaran Inggris

    Mobil Tanpa Sopir Masuk Anggaran Inggris

    Selasa, 21 Nov 2017 14:13 WIB
    Mobil tanpa sopir akan menjadi teknologi kendaraan canggih di masa depan. Bahkan, Inggris pun tak menampik kemungkinan bakal maraknya mobil itu di masa depan.
  • Toyota Avanza Frozen Show Off

    Toyota Avanza Frozen Show Off

    Selasa, 21 Nov 2017 13:37 WIB
    Ide untuk memodifikasi memang datang dari mana saja, salah satunya dari karakter film Frozen.
  • Ih Jorok, Mobil-mobil Dipenuhi Sampah

    Ih Jorok, Mobil-mobil Dipenuhi Sampah

    Selasa, 21 Nov 2017 13:36 WIB
    Mobil sering kali menjadi tempat penyimpanan barang bagi sebagian orang. Tapi ada kalanya barang yang disimpan menumpuk dan malah jadi sampah.