Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Jumat 04 Agustus 2017, 15:35 WIB

Toyota dan Mazda Bentuk Aliansi, Toyota Beli 5% Saham Mazda

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Toyota dan Mazda Bentuk Aliansi, Toyota Beli 5% Saham Mazda Foto: Istimewa
Tokyo - Persaingan yang ketat memaksa produsen mobil untuk selalu berpikir kreatif. Toyota memutuskan untuk beraliansi dengan Mazda. Toyota dan Mazda meneken perjanjian bersama hari ini.

Dalam siaran pers Toyota disebutkan 5 poin alinasi Toyota-Mazda. Pertama mendirikan perusahaan bersama joint venture) untuk memproduksi mobil di Amerika, kedua mengembangkan teknologi mobil listrik, ketiga mengembangkan teknologi mobil terhubung, keempat bekerja sama dalam hal teknologi keamanan dan terakhir mengembangkan complementary products bagi kedua pabrikan.

Dalam aliansi ini, Toyota membeli saham Mazda sebanyak 31.928.500 lembar saham senilai 50 miliar yen. Itu berarti Toyota memiliki saham sebesar 5,05 persen.

Logo MazdaLogo Mazda Foto: Istimewa


"Buah dari kerja sama kami dengan Mazda adalah kami menemukan partner yang benar-benar menyukai mobil, yang sudah memercikkan semangat kompetisi Toyota, memunculkan niat untuk tidak kalah dari Mazda. Inilah kerja sama antara mereka yang sangat berhasrat dengan mobil dan akan bersama-sama membuat mobil yang lebih baik. Ini juga merupakan realisasi dari keinginan kami untuk tidak membiarkan mobil menjadi komoditas belaka," ujar Presiden Toyota Akio Toyoda.

"Tidak ada yang memuaskan saya selain aliansi ini, kami bisa membantu untuk memberikan energi untuk industri otomotif, dan menciptakan penggemar baru dengan menggabungkan semangat bersaing kami. Yang pada akhirnya menghasilkan sebuah inovasi dan memupuk bakat dan pemimpin," ujar Presiden Mazda Masamichi Kogai.

Sebelumnya, Nissan membentuk aliansi dengan Renault dan Mitsubishi. Hasilnya aliansi Renault-Mitsubishi dan Nissan menjadi yang terbesar di dunia saat ini mengalahkan VW dan Toyota.

(ddn/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed