Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Jumat 04 Agustus 2017, 11:50 WIB

Ada Baleno Hatchback, Bagaimana Nasib Swift?

Dina Rayanti - detikOto
Ada Baleno Hatchback, Bagaimana Nasib Swift? Suzuki Baleno Hatchback (Foto: Dina Rayanti)
Bogor - Suzuki bakal memiliki dua model mobil di segmen hatchback yakni Swift dan Baleno. Meski bakal saling 'memakan' khususnya pada segmen hatchback, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) tetap menjual keduanya dan meyakini dua model tersebut memiliki pasar yang berbeda.

"Itu nggak bisa dimungkiri bahwa konsumen mau masuk ke pasar hatchback pilihannya antara Baleno atau Swift, tinggal dicari preferensi konsumen itu sendiri. Swift memang menawarkan daya emosional yang lebih tinggi dengan desain yang lebih aerodinamis dibanding Baleno," kata Head of Brand Development & Marketing Research 4W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Harold Donnel di Bogor, Jawa Barat.

"Tapi Baleno punya competitiveness pricing yang lebih kompetitif dan juga daya fungsional lebih akomodir dibanding Swift," lanjut Harold.

Soal konsumen, kata Harold, Swift dan Baleno juga memiliki segmentasi yang berbeda. Jika Swift lebih banyak diminati oleh kaum pria, Baleno lebih disenangi kaum wanita.

"Kalau beralih kita internal nggak bisa dimungkiri pasti ada yang beralih, cuma Swift punya pangsa pasar sendiri. Swift sama Baleno punya pangsa pasar yang beda, kalau kita lihat dari gender mungkin 60-40 banyakan cewek yang beli daripada cowok," tutur Harold.

"Kalau Swift berdasarkan data customer profile kita itu dominan yang cowok. Artinya kalau mau mengarahkan cowok yang beli kita aktivasi ke Swiftnya, kalau mau meng-grab cewek kita main Baleno. Baleno itu 55 persen cewek, cowok 45 persen," ungkap Harold. (dry/rgr)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed