Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Kamis 03 Agustus 2017, 09:09 WIB

Wuling Gilas Mobil Jepang?

Dina Rayanti - detikOto
Wuling Gilas Mobil Jepang? MPV Wuling (Foto: Rengga Sencaya)
Jakarta -

Wuling memiliki produk yang menarik lengkap dengan harga jualnya yang bikin kaget. Wuling pun diyakini bisa melibas mobil-mobil buatan Jepang. Itu bukan kata orang kemarin sore, tapi seorang eksekutif di sebuah perusahaan Jepang.

"Bentar lagi produsen Jepang digilas produsen China ini sudah pusing, Wuling itu masih belum apa-apa tapi di belakangnya kekuatan otomotifnya. Pola bisnisnya China itu harus dipelajari, karena itu nggak ada di Harvard Business School," ungkap dia yang namanya sengaja kami hilangkan.

Kehadiran Wuling memang cukup mengagetkan terutama harga jualnya untuk bisa menyaingi MPV Sejuta Umat Toyota Avanza yang bertahun-tahun telah menjadi primadona di tanah air.

Saat pertama dikenalkan, PT SGWM (Saic GM Wuling) Indonesia mengklaim harga Wuling bakal dijual di kisaran Rp 130-160 jutaan, namun pada saat peluncuran harga yang ditawarkan justru di bawah itu.

Wuling Confero hadir dengan tiga pilihan, yakni Wuling Confero 1.5, Wuling Confero S 1.5 C, dan Wuling Confero S 1.5 L. Harganya dijual mulai Rp 128,8 juta sampai Rp 162,9 juta.

Tinggal melihat bagaimana Wuling bisa atau tidak melawan gempuran produsen-produsen Jepang di kemudian hari terutama dari sisi layanan purnajualnya. Ada anekdot di kalangan otomotif, sebuah mobil bisa bertahan kalau sudah melewati 2-3 tahun pertama.

'Abangnya' Wuling Confero, Chevrolet Spin termasuk yang menjadi salah satu korban dalam ganasnya pertempuran di kelas Low MPV. Mobil hanya bertahan selama 2 tahun saja. General Motors pun mengaku kapok menjual mobil MPV dan memilih fokus pada SUV saja.

Semoga saja Wuling bisa belajar dari pengalaman kakaknya itu.
(dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
FJB Otomotif +