Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Minggu 30 Juli 2017, 12:11 WIB

10 Negara dengan Harga Jual Mobil Tinggi, Indonesia Nomor 3!

Dina Rayanti - detikOto
10 Negara dengan Harga Jual Mobil Tinggi, Indonesia Nomor 3! Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Harga mobil di tiap-tiap negara pastinya berbeda. Itu semua karena sistem perpajakan dan bea-bea lain yang dikeluarkan masing-masing negara juga berbeda. Bukan hanya itu faktor seperti naiknya harga minyak dunia juga turut mempengaruhi harga jual mobil yang bisa meningkat.

Berikut detikOto kutip dari hasil studi top10n pada tahun lalu, daftar 10 negara yang menjual mobil dengan harga tinggi, mana saja ya?

1. Singapura

Di Singapura, jika warganya ingin memiliki mobil maka juga diharuskan memiliki sertifikat kepemilikan atau biasa disebut Certificate of Entitlement (COE). Dengan sertifikat tersebut berarti si pemilik mobil memililiki hak memiliki dan bisa menggunakan mobil dalam kurun waktu 10 tahun.

Biaya COE cukup tinggi bisa mencapai 100 persen dari harga mobil. Terlebih saat permintaan akan salah satu model mobil tersebut cukup banyak, biaya COE bisa melebih dari harga mobil itu sendiri. Persyaratan memiliki COE juga cukup ribet, maka itu menjadikan Singapura menjadi negara termahal untuk memiliki mobil.

2. Malaysia

Posisi dua diisi oleh negara yang masih juga tetangga dari Indonesia yaitu Malaysia. Jika seseorang ingin memiliki mobil di Malaysia maka ia harus menyiapkan biaya perawatan hingga pajak yang juga tinggi.

Di Negeri Jiran itu, harga mobil bermerek internasional dijual dengan harga tinggi dibanding mobil nasionalnya sendiri. Hal tersebut dilakukan untuk menaikan penjualan mobil lokal yang juga digunakan beberapa negara.

3. Indonesia

Harga jual mobil di Indonesia disebut-sebut sebagai yang tertinggi nomor 3. Khususnya untuk mobil mewah.

Seperti diketahui memiliki mobil mewah di Indonesia artinya anda harus memiliki uang dengan jumlah yang berlebih. Semua hal itu disebabkan oleh pajak yang dikenakan pada mobil mewah lebih tinggi. Biaya impor mobil pun cukup tinggi bisa mencapai 300 persen dari harga mobil.

4. Nikaragua

Punya mobil di Nikaragua merupakan salah satu hal yang berisiko disana. Bahkan mobil bekas saja si pemilik juga harus mengeluarkan biaya tinggi. Belum lagi soal faktor keamanan saat seseorang berkendara mobil karena biasanya mereka yang memiliki mobil merupakan target dari para penjahat.

5. China

Boomingnya pasar mobil di China sebenarnya terhitung masih baru, namun bertumbuh dengan sangat pesat. Meski bertumbuh pesat, harga jual mobil disana juga tak murah untuk menjaga agar jalanan tak terlalu padat.

6. Brazil

Harga mobil di Brazil terbilang tinggi karena beberapa faktor yaitu pajak negara, gaji buruh yang tinggi dan kelangkaan material mentah. Harganya bisa dua kali lipat jika dibandingkan Meksiko yang sudah ditambah biaya perawatan.

7. Inggris

Harga jual mobil di Inggris lebih tinggi 50 persen jika dibandingkan dengan harga mobil di negara manapun di benua biru. Tingginya harga mobil itu karena tingginya standar BSI yang ditetapkan oleh Inggris, biaya asuransi, dan juga tingginya nilai tukar Poundsterling.

8. Saint Kitts dan Nevis

Punya mobil di dua negara yang berada di kepulauan Karibia itu termasuk yang tinggi. Tingginya harga mobil itu disumbang dari tingginya pajak dari mobil yang diimpor. Kalau ingin menetap disana lebih baik meminjam mobil sebagai alat transportasi. Atau pilihan terbaik kedua relatif lebih murah dibanding membeli mobil.

9. Korea Utara

Mobil di Korea Utara terbilang langka, hanya kalangan tertentu sajayang bisa memilikinya. Jika seseorang memiliki jabatan baik di suatu partai politik mereka bisa membeli mobil bermerek Pweonghwa. Tetapi membeli sparepartnya juga sulit dan malah bisa terkena sanksi.

10. Kuba

Di Kuba, penjualan mobil masih dilakukan dengan praktik monopolii. Itulah sebabnya mobil disana dijual dengan harga yang cukup tinggi. (dry/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed