Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Jumat 28 Juli 2017, 12:41 WIB

Mobil Powerbank Canggih dari Jerman

Dina Rayanti - detikOto
Mobil Powerbank Canggih dari Jerman Foto: Sono Motors
Munich - Perusahaan asal Jerman, Sono Motors baru saja mengenalkan mobil bertenaga suryanya. Meski ini bukan hal baru dalam dunia otomotif, tapi tampaknya ini merupakan sebuah terbosan diantara mobil-mobil listrik yang tengah dikembangkan.

Sono Motors memiliki mobil yang dipenuhi panel tenaga surya di bagian bodinya. Dengan begitu menjadikan Sion sebagai mobil listrik pertama yang bisa mengecas sendiri. Berikut spek lengkap Sion seperti detikOto kutip dari situs resmi Sono Motors, Jumat (28/7/2017).

1. Desain Eksterior

Soal desain Sion tak terlalu berbeda dengan desain city car lainnya yang mungil. Yang membuatnya berbeda adalah di bodinya terdapat panel-panel surya yang ditanamkan.

Sion diklaim sangat efisien, itu berkat desain dan komponen ringan yang digunakan. Eksteriornya terbuat dari polikarbonat yang tahan karat, tahan gores. Panel surya bukan terpasang di samping bodi melainkan juga di atap mobil dengan warna yang transparan.

Foto: Sono Motors

2. Interior

Masuk ke bagian dalam, Sono Motors tak ingin membuat Sion terlihat rumit. Yang paling menarik perhatian adalah sistem penyaring udara breSono serta sistem hiburan dengan layar 10 inchi.

Penyaring udara dibuat khusus dan dipasang pada dasbor mobil. Filter ini bisa menyaring hingga 20 persen debu-debu dan bisa membantu mengatur kelembapan dalam kabin Sion. Jangan khawatir, tak perlu perawatan khusus soal filter ini.

Desain layar informasi bagi pengendara (MID) juga dibuat sangat sederhana hanya berisi berapa laju kecepatan dan sudah sampai dimana baterai mobil dicas.

Foto: Sono Motors

3. Teknologi

Sion dilengkapi dengan 330 panel surya yang telah terintegrasi sehingga bisa sambil terus mengisi ulang barerai lewat tenaga surya dari matahari. Agar tetap ramah lingkungan, panel-panel itu ditutupi dengan polikarbonat.

Atapnya tahan benturan, ringan, dan aman untuk segala cuaca. Dalam kondisi baik, panel surya bisa menghasilkan energi yang baik untuk menempuh setidaknya 30 km per harinya. Jangan diremehkan, Sion bahkan bisa menjelajah hingga 250 km.

Sion juga bakalan dibekali AC sehingga bisa dimanfaatkan pada musim panas. Bukan hanya itu, bisa juga mengurangi kelembapan udara di kaca depan sehingga visibilitas saat menyetir tetap baik.

Walaupun mungil, Sion bisa menarik mobil dengan berat 750 kg. Motor listrik berkapasitas 80 kW dan transmisi satu percepatannya menjamin traksi yang baik meski di medan yang sulit sekalipun.

Sion tak hanya bisa mengecas dengan sendirinya, tapi juga bisa menjadi sumber energi untuk mobil listrik lain atau bahkan keperluan rumah tangga. Seluruh peralatan rumah tangga dengan daya hingga 2,7 kW bisa ditenagai oleh Sion.

Foto: Sono Motors

4. Keamanan

Meski ringan dan mungil, keamanan juga menjadi salah satu faktor yang dipertimbangkan Sono Motors saat mengembangkan mobil ini. Beberapa fitur keamanan yang disematkan adalah anti-lock brakes, alarm, airbag untuk penumpang, dan ESC (Electronic Stability Control) yang menjaga mobil tetap stabil di keadaan ekstrim sekalipun.


(dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
FJB Otomotif +