Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Kamis 27 Juli 2017, 16:34 WIB

SUV Sekarang Sudah Senyaman Sedan

Khairul Imam Ghozali - detikOto
SUV Sekarang Sudah Senyaman Sedan Foto: Lexus
Jakarta - Zaman dulu mobil Sport Utility Vehicle (SUV) benar-benar mobil yang dipakai untuk blusukan ke gunung. Sekarang mobil jenis ini juga jadi pilihan di kota-kota.

Di Jakarta contohnya, banyak pengguna SUV yang membawa mobilnya untuk sekedar jalan-jalan atau ngemall. General Manager Lexus Indonesia, Adrian Tirtadjaja mengatakan, SUV merupakan mobil besar yang dipadukan dengan kenyamanan mobil sedan.

"Memiliki kenyamanan seperti sedan, tapi memiliki ketangguhan SUV. Coba lihat SUV sekarang kan nyamannya sedan," ujarnya kepada wartawan, di Jakarta

Dengan demikian, SUV menjadi mobil yang punya berbagai fungsi. Baik dari segi penggunaannya, maupin tampaknya.

"Jadi mau pergi ke pesta masih pantas, tapi juga kalau kita mau jalan-jalan ke SUV yang berat yang off-road masih kuat masih bisa, itu multi-fungsi," kata Adrian.

Bentuknya yang kekar, dan mempunyai ground clearance yang tinggi, juga merupakan alasan SUV sangat digemari saat ini.

"Kan rasanya lebih aman di jalanan Indonesia, banyak motor, segala macem, kalau tinggi rasanya enak, nah itu yang membuat memang SUV trennya naik di seluruh dunia," pungkas Adrian.

Kepopuleran mobil di segmen Sport Utility Vehicle (SUV) dan crossover bukan hanya di Indoensia, tapi juga seantero dunia. Hal tersebut berdasarkan data dari penyedia informasi bisnis IHS Markit.

Dari data IHS Markit, lebih dari dua pertiga pemilik SUV dan crossover kembali membeli jenis mobil yang sama dalam waktu empat bulan pertama tahun 2017. Kesetiaan di segmen ini tumbuh dari 53 persen di 2012 menjadi 66 persen di April 2017.

Selain itu persentase kesetiaan di semua jenis SUV dan crossover kini hampir mencapai 14 persen lebih besar dari rata-rata industri yaitu 53 persen.

Mobil di segmen lainnya yang menjadi korban utama adalah sedan. Jika SUV dan crossover meningkat, lain halnya dengan sedan yang mengalami penurunan dari 56 persen pada tahun 2012, menurun setiap tahunnya sampai 49 persen di empat bulan pertama tahun ini.

Menariknya, dua pertiga pemilik sedan kembali ke pasar untuk membeli kendaraan baru, namun bukan sedan lagi, melainkan SUV dan crossover.

(khi/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed