Mobil Listrik Lebih Murah Jika Tak Kena Pajak Macam-macam

M Luthfi Andika - detikOto
Minggu, 23 Jul 2017 08:34 WIB
Mobil Hybrid Mercedes-Benz S500e Bisa Dicas Tanpa Kabel (Foto: Mercedes-Benz)
Bandung - Mobil listrik Tesla sudah hadir di Indonesia. Kabarnya mobil listrik ini pun dikenakan pajak berdasarkan harga mobil tersebut. Lalu apa tanggapan Mercedes-Benz Indonesia?

"Pokoknya kita harus mengikuti peraturan pemerintah. Setuju atau tidak dengan penerapan pajak seperti itu, kalau kita melihat di negara tetangga misalnya Malaysia, tidak dikenakan pajak itu bisa mencapai 50 persen, berarti jika kita lihat dari segmen C-Class artinya C350e bisa lebih murah dari C300," ujar Department Manager Public Relations PT Mercedes-Benz Distributions Indonesia, Dennis Kadaruskan, di Bandung, Jawa Barat.

Namun pentingnya dukungan pemerintah sangat berarti menurut Dennis jika pemerintah memang ingin menekan emisi gas buang kendaraan.

"Tapi harus lihat kelebihannya apa. Lebih hemat bahan bakar, jika berniat menurunkan emisi ini strategi yang tepat dan perlu kita dukung," katanya.

Meski demikian, Dennis memastikan Mercedes-Benz akan terus berkomunikasi dengan pemerintah untuk mewujudkan lahirnya kendaraan ramah lingkungan di Indonesia.

"Kita akan tetap berkomunikasi dengan pemerintah, cara produksi, edukasi dan lain-lainnya (mengenai mobil ramah lingkungan-Red). Kita selalu mengikuti pemerintah. Seperti ban serep kita selalu sediakan meski kita sudah menggunakan flat tire," ujar Dennis. (lth/rgr)