Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Sabtu 22 Juli 2017, 18:21 WIB

60% Orang India Buat SIM dengan Cara 'Nembak'

Dina Rayanti - detikOto
60% Orang India Buat SIM dengan Cara Nembak Foto: Rushlane
New Delhi - Istilah buat SIM (Surat Izin Mengemudi) nembak sepertinya tak hanya ada di Indonesia saja. Di India ternyata istilah tersebut juga cukup melekat. Dari sebuah survei yang dilakukan di 10 kota dan 5 daerah metropolitan di India dimana jumlah pengendara tinggi disana, terungkap 60 persen pengendara punya SIM tanpa melalui tes menyetir.

Survei yang dilakukan oleh SaveLife Foundations itu cukup mengejutkan. Di daerah Agra misalnya hanya 12 persen pengendara disana yang memiliki SIM dari hasil ujian resmi, sementara 88 persen lainnya tak melalui prosedur yang seharusnya.

Di daerah lain seperti Jaipur dan Guwahati juga terjadi kejadian serupa. Disana masing-masing 72 persen dan 64 persen pengendara tak menjalani tes menyetir sebelum mendapatkan SIM.

Kota besar seperti Mumbai dan Delhi 52 persen pengendaranya memiliki SIM tanpa melalui serangkaian tes.

Padahal hal tersebut sangat berbahaya lho Otolovers, bukan hanya bagi si pengendara sendiri tapi juga pengguna jalan lain. Meski terlihat sepele, tes tersebut sebenarnya membuktikan kemampuan si pengendara di jalan dalam memahami rambu lalu lintas serta aturan-aturan berkendara lain. (dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
FJB Otomotif +