Kamis, 20 Jul 2017 09:06 WIB

Histori

Melihat Kemesraan Mitsubishi dan Jeep di Zaman Dulu

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Mitsubishi Jeep Willy (Foto: Dadan Kuswaraharja) Mitsubishi Jeep Willy (Foto: Dadan Kuswaraharja)
Okazaki -

Sudah menjadi kebiasaan para produsen mobil untuk beraliansi dan bekerja sama dengan yang lainnya. Salah satu yang sempat mencicipi kemesraan itu adalah Mitsubishi dan Jeep.

Di Mitsubishi Auto Gallery yang berada di kawasan pabrik Mitsubishi di Okazaki, Aichi, Jepang, seperti dikunjungi detikOto beberapa hari lalu, kita bisa melihat produk-produk hasil kolaborasi Mitsubishi dan Jeep.

Salah satunya adalah mobil militer, Mitsubishi Jeep CJ3B-J10, mata kita mungkin terbiasa dengan nama Willys. Setirnya juga masih terletak di sebelah kiri.

Ya mobil ini dibuat Mitsubishi berdasarkan perjanjian dengan Willys Overland Amerika pada tahun 1952.

Setahun berikutnya Mitsubishi mulai memproduksi CJ3B yang diperkuat dengan mesin Hurricane. Model CJ3B bpertama disebut J3, J10 dan kemudian mobil 6 kursi LH. Wheelbase mobil ini sama saja dengan J3, namun bodinya dipanjangkan pada tahun 1955 untuk memenuhi permintaan masyarakat.

Selain Jeep Willys, kita juga bisa melihat hasil kolaborasi Mitsubishi dan Chrysler (induk Jeep), yakni Galant. Di Amerika mobil dikenal sebagai Colt Galant atau Chrysler Galant. (ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed