Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Jumat 14 Juli 2017, 11:31 WIB

Gaikindo dan Pemerintah Kaji 4 Hal Ini Berbarengan

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Gaikindo dan Pemerintah Kaji 4 Hal Ini Berbarengan Foto: Rengga Sancaya
Cikarang - Pemerintah sedang mengkaji beberapa hal terkait industri otomotif Indonesia. Empat hal yang masih dikaji pemerintah antara lain soal program LCGC, LCEV (low carbon emission vehicle), pajak berdasarkan emisi karbon dan bentuk kendaraan (pajak sedan yang berbentuk 3-box dipatok lebih tinggi dibanding minibus/2-box).

Menurut Ketua I Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Jongkie D. Sugiarto, keempat hal itu masih dalam tahap kajian. Pemerintah masih 'menggodok' empat hal tersebut agar siap jika memang ingin diterapkan ke depannya.

"Keempat itu kita tuangkan dalam satu kajian. Jadi ini perlu waktu untuk membahasnya atau mengkaji lagi dari Kementerian Perindustrian maupun Kementerian Keuangan. Jadi sekaligus semuanya kita rapikannya," kata Jongkie saat ditemui di acara peresmian pabrik Wuling di Cikarang, Jawa Barat.

Mungkin kajian tersebut akan memakan waktu lebih lama. Tapi, kata Jongkie, itu akan lebih baik untuk keseluruhan sektor yang dibahas.

"Katanya industri harus lebih bagus, ekspor harus meningkat. Jadi kita harus tampung semuanya, kita bikin kajiannya, silakan pemeritah yang menggodok lagi, sampai nanti selesai," ujar Jongkie.

Jongkie belum bisa memastikan kapan empat kajian itu rampung dibahas. Dia berharap, kajian tersebut cepat selesainya.

"Kalau bapak-bapak di Kementerian Perindustrian yakin ini yang terbaik, baru dibahas lagi antara Kemenperin dan Kementerian Keuangan. Mudah-mudahan cepat," katanya. (rgr/dry)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed