Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Kamis 13 Juli 2017, 13:54 WIB

Wuling Hadir, Industri Komponen Bisa Lebih Maju

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Wuling Hadir, Industri Komponen Bisa Lebih Maju Pekerja di pabrik Wuling (Foto: M. Ridho)
Cikarang - Wuling Motors, produsen mobil asal China meramaikan pasar otomotif Indonesia. Tak hanya membangun pabrik di Indonesia, Wuling juga membawa produsen komponen ke Indonesia.

Dengan luas total pabrik Wuling 60 hektare, separuh di antaranya ditujukan untuk Supplier Park, tempat pemasok komponen yang dibawa Wuling ke Indonesia.

Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Kementerian Perindustrian, I Gusti Putu Wiryawan menilai positif hadirnya Wuling beserta 16 pemasok komponen baru yang dibawanya ke Indonesia.

"Dengan adanya Wuling Motors ini industri pendukung kita yang independen, itu mereka bisa mendapatkan peluang lagi untuk tubuh mensuplai. Karena kita tahu bahwa tidak sedikit (pemasok komponen) yang dia hanya bisa mensuplai ke satu merek tertentu. Dengan adanya Wuling yang terbuka, dan industri (pemasok komponen) yang mereka bawa ke sini juga tidak eksklusif buat mereka (Wuling), ini membuka suatu nuansa baru untuk industri komponen di Indonesia," kata Putu saat ditemui di acara peresmian pabrik Wuling di Cikarang, Jawa Barat.

Putu berharap, hadirnya Wuling beserta pemasok komponennya bisa menamba jumlah pemain industri komponen lokal. Saat ini, kata Putu, jumlah pemasok komponen otomotif di Indonesia sudah hampir 1.000.

"Dengan mereka datang, kita harapkan antara 100-an lagi kita akan tumbuh," katanya. (rgr/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed