Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Kamis 13 Juli 2017, 12:22 WIB

Merek Mobil China Belum Ada yang Investasi Seheboh Wuling

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Merek Mobil China Belum Ada yang Investasi Seheboh Wuling Logo mobil Wuling di pabrik Wuling (Foto: Muhammad Ridho)
Cikarang -

Produsen mobil China beberapa tahun lalu mendapatkan citra yang kurang baik di Indonesia. Beberapa pabrikan China datang dan pergi begitu saja dari Indonesia.

Kini, pabrikan China kembali datang ke Indonesia melalui PT SGMW Motor Indonesia (Wuling Motors). Apa tanggapan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) sebagai wadah asosiasi industri otomotif Indonesia?

"Kita harus lihat merek China sebelumnya. Mereka enggak investasi seperti Wuling ini," kata Ketua Umum Gaikindo, Yohannes Nangoi saat ditemui di acara peresmian pabrik Wuling di Cikarang, Jawa Barat.

Wuling berani berinvestasi di Indonesia dengan nilai US$ 700 juta. Itu diklaim sebagai bukti keseriusan Wuling di pasar otomotif Indonesia.

"Kalau mereka investasi US$ 700 juta dengan kapasitas besar, rasanya mereka yakin. Karena enggak mungkin orang (yang tidak serius) gelontorin (dana) begitu banyak," kata Nangoi.

Ketua I Gaikindo, Jongkie D. Sugiarto juga menilai, kehadiran Wuling ini merupakan contoh buat merek-merek otomotif lainnya agar mau berinvestasi ke Indonesia. Apalagi, saat ini Indonesia masih menjadi pasar otomotif terbesar di Asia Tenggara.

"SGMW aja berani investasi US$ 700 juta di Indonesia, mari (merek lainnya) datang ke sini, investasi, ini pasar yang terbesar, di ASEAN kita sudah paling besar, kita sudah jual 1,1 juta. Thailand sudah 4 tahun ini kita tinggalkan. Rakyat kita 260 juta dan berpotensi membeli semua. Jadi kita jangan hanya bicara hari ini, tapi 5 sampai 10 tahun ke depan. Ini kita bangga karena bisa jadi percontohan untuk industri otomotif dunia agar melihat Indonesia lebih positif," kata Jongkie. (rgr/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed