Rabu, 12 Jul 2017 12:49 WIB

Komponen Kaki-kaki Paling Dicari dari Pemasok Asal Jerman Ini

M Luthfi Andika - detikOto
ZF Aftermarket, resmi melebarkan jaringannya di Jakarta, Indonesia, yaitu PT ZFAG Aftermarket Jakarta. (Foto: Khairul Imam Ghozali) ZF Aftermarket, resmi melebarkan jaringannya di Jakarta, Indonesia, yaitu PT ZFAG Aftermarket Jakarta. (Foto: Khairul Imam Ghozali)
Jakarta - ZF Aftermarket resmi masuk ke Indonesia, sebagai agen penyambung agar konsumen seperti importir ataupun distributor Indonesia yang biasa membeli produk ZF Aftermarket dari luar negeri, bisa membelinya di Indonesia. Lantas komponen ZF Aftermarket apa yang paling sering dipesan oleh para konsumennya?

"Paling banyak kaki-kaki, kayak karet-karet, mounting-mounting, tie rod, ball joint. Suspensi sama komponen kaki-kaki lah," tutur Direktur PT ZFAG Aftermarket Jakarta, Cakra Wiyata, kepada wartawan, di Jakarta.

Mobil penumpang seperti sedan, lanjut Cakra menjelaskan, mempunyai kontribusi dominan dari penjualan produk ZF Aftermarket. "Kalau sekarang ini sih masih Mercy sama BMW yang paling sering," ungkapnya.

Selain itu, saat ini PT ZFAG Aftermarket Jakarta juga berencana masuk ke mobil-mobil pabrikan Jepang, walaupun saat ini sudah banyak produk komponen untuk mobil Jepang dari perusahaan lain di Indonesia.

"Kayak shock breaker untuk Avanza, Xenia, Innova. Memang sudah ada, ya itu kan inisiasinya dari sini. Jadi kita minta, bahwa di Indonesia sudah ada, demand-nya segini, kita propose ke Jerman, tolong dong dibuat, tolong di-developt," katanya

Hal tersebut kata Cakra juga termasuk kategori pengembangan produk. "Nah itu pengembangan product sperti itu, jadi bisa perkembangan product-nya dari atas ke bawah, bisa kita yang propose, kalau ini bisa dibuat, kita bisa jual segini," pungkasnya. (lth/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com