Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Jumat 30 Juni 2017, 08:45 WIB

Risiko Mobil Jarang Diservis, Siap-siap Mogok Saat Mudik

M Luthfi Andika - detikOto
Risiko Mobil Jarang Diservis, Siap-siap Mogok Saat Mudik Indah Yuliana dan Widyawati berbincang dengan mekanik Toyota di Posko Mudik KM 57 (Foto: Toyota)
Cikarang - Jika ingin melakukan perjalanan jauh seperti mudik, selalu pastikan kendaraan dalam kondisi prima. Jangan sampai perjalanan mudik atau balik ke Jakarta jadi enggak nyaman gara-gara mobil bermasalah.

Seperti disampaikan Kepala Bengkel Auto2000 Cikarang, Indah Yuliana, di posko mudik Auto2000 Cikarang banyak kendaraan lama yang mengalami kendala.

"Kalau di posko ini kita tidak membatasi umur, dan kami banyak melayani tahun lama. Dan banyak dari mereka tidak terlalu rajin servis, jadi saat mudik jauh kendaraan mereka ada kendala," ujarnya.

Dia mengatakan posko mudik Auto2000 Cikarang bisa melayani 90 mobil per hari. "Bengkel posko pertama buka dari tanggal 20 Juni 2017, itu sudah mulai dari lumayan bisa 30 unitan (mobil yang service Red). Dan saat memasuki H-2 (dua hari sebelum lebaran-Red) cukup rame," kata Indah.

"Posko bengkel mudik itu 24 jam, dan itu kami buat 3 shift. Dari 3 shift itu bisa 30 mobil per shift-nya. Jadi ada saja yang mau service atau ada kendala emergency, seperti mesin panas, lampu putus, tali kipas," tambah Indah.

Toyota tahun ini menyiapkan 298 titik pelayanan servis di berbagai kota di seluruh Indonesia, guna memberikan ketenangan, kenyamanan, dan keamanan bagi pelanggan yang akan melakukan perjalanan mudik.

Keseluruh titik pelayanan tersebut terdiri dari 22 Posko Siaga di sepanjang pulau Sumatera, Jawa, Bali, dan Sulawesi, 10 Bengkel Siaga yang beroperasi selama 24 jam, serta 260 Bengkel Siaga yang tetap buka selama masa libur Lebaran. Program Posko Siaga & Bengkel Siaga Toyota ini akan berlangsung mulai 21 Juni hingga 1 Juli 2017. Lalu tidak kurang 6 titik pelayanan berupa mobile service disiapkan Toyota untuk melayani pemudik baik di dalam tol maupun di exit tol di daerah Jawa Tengah.

Dibandingkan tahun 2016, jumlah Posko Siaga Toyota bertambah sebanyak 2 titik, yang berlokasi di daerah Merlung – Jambi dan Rembang – Pati. Penambahan titik layanan dilakukan untuk mengantisipasi jumlah kendaraan pemudik yang terus meningkat setiap tahunnya.

PT Toyota-Astra Motor (TAM) melengkapi titik-titik Posko Siaga dengan tenda servis dan tempat istirahat sepanjang rute mudik. yang siap memberikan pelayanan bagi pelanggan untuk melakukan servis ringan pada kendaraan maupun beristirahat sejenak saat di perjalanan.

Di Posko Siaga, pelanggan dapat melakukan servis ringan maupun beristirahat. Bagi pelanggan yang melakukan servis akan mendapat diskon jasa hingga 25%. Sedangkan yang ingin beristirahat, mereka dapat menikmati fasilitas yang ada di posko secara gratis seperti wi-fi, makanan dan minuman ringan, ruangan ber-AC, kursi pijat, game station, TV satelit, serta kids corner.

Untuk memberikan layanan prima yang lebih baik daripada tahun-tahun sebelumnya, Toyota pun melakukan standarisasi posko untuk seluruh posko siaga, sehingga di mana pun pelanggan berkunjung ke posko, mereka akan mendapatkan fasilitas dan kenyamanan yang sama.

Peningkatan kualitas layanan melalui standarisasi posko ini adalah fokus utama kami agar pemudik yang menggunakan mobil Toyota, serta merasakan peningkatan kualitas layanan Toyota dari waktu ke waktu.

Sementara itu, di Bengkel Siaga Toyota (baik yang beroperasi 24 jam maupun yang tidak), para teknisi Toyota siap memberikan pelayanan bagi pelanggan yang membutuhkan servis ringan maupun berat pada kendaraannya.

Sebanyak 10 Bengkel Siaga 24 jam, termasuk satu titik pelayanan baru di Bengkel Siaga Auto2000 Rajabasa Bandar Lampung, siap membantu pelanggan yang memerlukan perbaikan atau perawatan rutin. Selain itu, kehadiran Bengkel Siaga 24 jam ini juga dapat berfungsi sebagai cadangan operasional untuk Posko Siaga.

Sementara itu, 260 titik layanan lainnya merupakan bengkel yang tetap buka di saat cuti bersama Lebaran, tetapi bengkel ini tidak beroperasi selama 24 jam penuh. Bengkel tersebut dibuka untuk mengantisipasi kebutuhan pelanggan yang ingin merawat dan memperbaiki kendaraannya selama liburan.

Kemudian untuk 6 titik pelayanan berupa mobile service disiapkan Toyota di beberapa jalur mudik berat, seperti tegal dan brebes, serta ruas tol fungsional seperti pemalang, pekalongan, batang dan gringsing.

"Kami berkomitmen untuk meningkatkan jumlah dan kualitas Posko Siaga setiap tahunnya, terutama untuk Posko Cikampek yang paling banyak dikunjungi pemudik. Peningkatan kualitas ini bertujuan untuk memberikan Peace of Mind kepada pelanggan agar mereka merasa tenang, aman, dan nyaman berkendara selama perjalanan mudik ke kampung halamannya," ujar Wakil Presiden TAM Henry Tanoto.

"Kehadiran Posko Siaga, Bengkel Siaga, serta berbagai fasilitas lainnya yang bisa dinikmati dan diakses selama musim mudik Lebaran merupakan wujud apresiasi kami terhadap kepercayaan dan loyalitas pelanggan terhadap produk-produk Toyota selama ini. Kami berharap, berbagai fasilitas tersebut dapat mendukung pelanggan dalam menikmati perjalanan mudik Lebaran yang melebihi ekspektasi mereka," kata Executive General Manager TAM, Widyawati.

(lth/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed