Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Senin 26 Juni 2017, 12:24 WIB

Habis Lebaran, Banyak Mobil yang Kredit Macet?

M Luthfi Andika - detikOto
Habis Lebaran, Banyak Mobil yang Kredit Macet? Foto: Citra Fitri Mardiana
Jakarta -

Boleh jadi penjualan mobil meningkat saat menyambut hari raya Idul Fitri, layak tahun-tahun sebelumnya. Namun kabarnya hal ini juga kerap membuat adanya kredit macet. Hmm, benar tidak ya seperti itu.

Rupanya hal itu tidak sepenuhnya benar seperti itu, seperti yang disampaikan Executive General Manager PT Toyota Astra Motors (TAM), Fransiscus Soerjopranoto, Senin (26/6/2017).

"Kredit macet pasti ada baik sebelum ataupun sesudah lebaran," kata Fransiscus Soerjopranoto kepada detikOto.

Namun Soerjo juga menambahkan Toyota sudah mengantisipasi hal ini dengan baik.

"Hal ini sudah di-antisipasi melalui bagian analisis atau survey dari lembaga pembiayaan. Saya penah survey, mereka hitung-hitungan antara rental dan kredit mobil (jadi Toyota hanya sedikit yang mengalami kredit macet-Red)," ujarnya.

Sebagai catatan dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri tahun ini, kredit kendaraan roda empat mengalami kenaikan jelang hari raya Idul Fitri. Menurut direksi perusahaan pembiayaan masyarakat meminati kredit mobil jenis MPV dan mobil di kisaran harga Rp 200 juta.

Direktur Utama PT Mandiri Tunas Finance Ignatius Susatyo Wijoyo mengatakan, minat masyarakat pada mobil MPV karena ukuran dan luasnya.

"Biasanya masyarakat itu suka tipe MPV kalau ajukan kredit, yang tempat duduknya ada tujuh, meskipun penumpangnya hanya empat orang," kata Satyo.

Dia mengatakan, mobil jenis MPV ini menempati urutan pertama dalam daftar pengajuan kredit. Kemudian diikuti oleh mobil jenis low cost green car (LCGC).

Ketua Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI) Suwandi Wiratno mengatakan permintaan kredit kendaraan roda empat oleh masyarakat memang terjadi jelang lebaran.

"Paling banyak masyarakat ajukan kredit untuk mobil baru di kisaran harga Rp 200 jutaan," ujarnya.

Suwandi mengatakan, mobil dengan kisaran tersebut memiliki harga beli dan jumlah cicilan yang terjangkau di kalangan kelas menengah. Salah satu yang paling diminati adalah Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia.

Mengutip data Gaikindo penjualan mobil dalam negeri per April mencapai 89.588 unit dengan penjualan LCGC sebanyak 19.863 unit.

(lth/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed