Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Minggu 25 Juni 2017, 14:16 WIB

Google Kandangkan Mobil Tanpa Sopir yang Bentuknya Lucu

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Google Kandangkan Mobil Tanpa Sopir yang Bentuknya Lucu Firefly (Foto: Google)
California - Waymo, anak perusahaan induk Google, Alphabet yang mengurusi teknologi mobil tanpa sopir memutuskan untuk mengandangkan 50 prototipe mobil tanpa sopir yang disebut Firefly. Mobil yang bentuknya lucu mirip kacang itu akan digantikan oleh Chrysler 600 yang juga sudah mengusung teknologi mobil tanpa sopir.

Mobil Chrysler 600 akan memberikan tumpangan bagi masyarakat di kawasan Phoenix, Amerika Serikat. Tidak seperti mobil lainnya, Firefly tidak memiliki pedal gas/rem dan setir.

Mobil sudah melaju ratusan ribu mil dan memberikan perkembangan yang bagus untuk teknologi mobil tanpa sopir. Pada bulan September 2015, Google memberikan kesempatan kepada seorang pria tuna netra untuk mencoba mobil ini di jalanan.

Beberapa bulan kemudian, mobil sempat dihentikan polisi karena melaju terlalu pelan. Polisi tidak menilang, namun foto aksi tilang ini jadi viral di internet, yang membuat orang makin bertanya-tanya soal mobil tanpa sopir.
Mobil tanpa sopir Google FireflyMobil tanpa sopir Google Firefly Foto: detikINET/Achmad Rouzni Noor II

Seperti dilansir CNN, sejak tahun 2014, ratusan pejabat pemerintah, wartawan dan masyarakat pecinta mobil tanpa sopir sudah menjajal Firefly, namun publik sendiri tidak pernah mendapatkan kesempatan itu.

Seorang pria menjajal mobil GoogleSeorang pria menjajal mobil Google Foto: Google

Google kemudian mengubah strategi mobil tanpa sopirnya dan mengganti 'mereknya' dengan Waymo. Firefly yang memiliki kecepatan maksimal 25 mil per jam tidak memiliki airbag dan dianggap tidak praktis.

Mobil kemudian digantikan oleh Chrysler 600 yang tetap menggunakan setir dan pedal. (ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
FJB Otomotif +