Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Kamis 15 Juni 2017, 15:15 WIB

Ini Dia Hyundai Kona, Mobil Pesaing HR-V Cs

Dina Rayanti - detikOto
Ini Dia Hyundai Kona, Mobil Pesaing HR-V Cs Hyundai Kona (Foto: Hyundai)
Seoul - Setelah muncul beberapa foto di dunia maya soal keberadaan mobil baru penantang HR-V, produsen mobil asal Korea Hyundai akhirnya meluncurkan mobil di segmen crossoover compact terbarunya, Hyundai Kona.

"Hyundai Kona tak sekedar mobil SUV baru dari Hyundai melainkan ini menjadi salah satu batu loncatan dalam perjalanan Hyundai untuk menjadi merek asia nomor satu di Eropa pada tahun 2021," ungkap COO Hyundai, Thomas A.Schmid di Hyundai Motor Eropa dalam siaran persnya, Kamis (15/6/2017).

"Hyundai Kona memiliki gen SUV dengan desain progresif, fitur premium, Hyundai merefleksikan gaya hidup dari konsumen di era modern yang bisa meningkatkan merek dan menarik konsumen baru," lanjut Thomas.

Dengan Kona, Hyundai semakin menambah deretan SUV-nya sejak pertama kali meluncurkan model SUV Santa Fe di tahun 2001. Kini merek asal Korea itu telah menjual lebih dari 1,4 juta unit SUV di Eropa. Tucson merupakan model yang cukup cepat diterima warga Eropa dengan penjualan lebih dari 200.000 unit sejak pertama kali dijual pada tahun 2015.

Hyundai mengklaim, Hyundai Kona merupakan salah satu SUV terlengkap, bukan hanya desainnya saja namun juga teknologi yang digunakan merupakan teknologi mutakhir. Mobil ini bisa melambangkan siapa pemiliknya.

Bagian depannya terlihat lebih ekspresif dan bertenaga serta mengadopsi identitas baru Hyundai, gril yang lebih mengalir. Lampu depan kembar menambah tampilan visual ditambah dengan lampu LED DRL yang berada di atas lampu depan. Garis depan dan belakang yang tegas menambah kesan mobil yang lebih lega dan juga luas.

Bagian interior juga dibuat lebih lembut sehingga lebih terkesan sensual dan lembut sementara bagian yang berwarna gelap mencerminkan mobil memiliki karakter garang dan mengusung teknologi mutakhir. Pilihan warna juga bisa disesuaikan dengan warna jahitan pada jok dan juga kemudi setir.

Interior Hyundai KonaInterior Hyundai Kona Foto: Hyundai


Ada dua mesin yang ditawarakan Hyundai untuk disematkan pada Kona yakni 1.0 L T-GDI dengan transmisi manual 6 percepatan yang bisa menghasilkan 120 PS dan juga 1.6 L T-GDI dengan 177 PS dan Hyundai dikawinkan dengan transmisi yang dikembangkan sendiri oleh Hyundai yakni dual clutch 7 percepatan dan four-wheel drive.

Hyundai KonaHyundai Kona Foto: Hyundai


Fitur four wheel-drive ini memungkinkan Kona untuk bisa berkendara di segala medan. Di tahun depan, Hyundai rencananya akan meluncurkan generasi terbarunya yang dibekali mesin diesel berkapasitas 1.6 L dan juga tersedia transmisi manual 6 percepatan.

Untuk pertama kalinya di Hyundai, Kona mengusung Head-up display yang bisa memberikan informasi berkendara sama seperti pada mobil premium pada umumnya. Infotainment sistemnya berisi navigasi, media, dan konektivitas yang didukung oleh Apple CarPlay maupun Android Auto.

Ada juga pilihan pengecasan tanpa kabel sehingga bisa ponsel bisa diletakan dimana saja. Karena didesain untuk mereka yang aktif dan bergaya beberapa fitur keamanan pun disematkan termasuk Autonomous Emergency Braking with Pedestrian Detection, Blind Spot Detection, Rear Cross Traffic Alert, Lane Keeping Assist, Driver Attention Alert, Static Blending Light, dan Smart High Beam.

https://oto.detik.com/mobil/d-3432488/kona-suv-anyar-hyundaihttps://oto.detik.com/mobil/d-3432488/kona-suv-anyar-hyundai Foto: Hyundai


Hyundai Motors merupakan pabrikan mobil satu-satunya yang membuat rangka bajanya sendiri untuk produksi global dan kemudian digunakan di kendaraannya. Dengan begitu Kona diklaim lebih kuat, ringan, berperforma dinamis, meningkatkan keamanan si pengendara dan penumpang karena baja yang kuat.

Spesifikasi Hyundai Kona
Mesin Bensin
1.0 T-GDI Kappa 1.0 T-GDI, 12-valve MLA, DOHC, three cylinder in-line
Kapasitas 998 cc
Bore x stroke 71 x 84.0 mm
Rasio kompresi 10.0
Power 120 PS (88 kW) @ 6,000 rpm
Torque 172 Nm @ 1,500~4,000 rpm
Kecepatan maksimum (km/jam) 181 km/jam
0-100 km/jam (detik) 12,0
CO2 combined (g/km) 119 (target value)
Fuel Consumption combined (l/100km) 5.3 (target value)

Hyundai Kona 1.6 T-GDI
Type Gamma 1.6 T-GDI, 16-valve MLA, DOHC, four cylinder in-line
Kapasitas 1.591 cc
Bore x stroke 77 x 85,44 mm
Rasio Kompresi 10,0
Power 177 PS (130 kW) @ 5,500 rpm
Torque 265 Nm @ 1,500~4,500 rpm
Kecepatan maksimum (km/jam) 205 km/jam
0-100 km/jam (detik) 7,9
Emisi CO2 (g/km) 169

Fuel Consumption combined (l/100km)*


7.3 (target value)


(dry/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed