Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Rabu 14 Juni 2017, 11:38 WIB

Ini Alasan Toyota Hapus Nama Kijang di Luar Negeri

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Ini Alasan Toyota Hapus Nama Kijang di Luar Negeri Toyota Kijang Innova (Foto: Rangga Rahadiansyah)
Jakarta - Toyota Kijang Innova adalah mobil buatan Indonesia yang diekspor ke luar negeri. Sayangnya, begitu keluar dari Indonesia, nama Kijang dihapus, mobil jadinya hanya mengusung nama Toyota Innova saja.

Menurut Presiden PT Toyota-Astra Motor Yoshihiro Nakata, nama Kijang memang tidak dicantumkan karena Kijang terhitung asing di negara lain. "Kalau orang Jepang bilang, Kijang, apa itu Kijang?," ujarnya.

Karena itu lah agar lebih familiar, Kijang Innova disebut saja sebagai Toyota Innova.

Video Ototest Toyota Kijang Innova



Masalah penamaan mobil memang acapkali bisa menimbulkan masalah yang pelik. Satu nama di satu negara dianggap bagus, di negara lain bisa saja menjadi jelek.

Karena itu sebelum memberi nama pada suatu produk, Toyota selalu melakukan yang disebut Nakata sebagai 'negative check' di masing-masing negara. Setiap nama produk dicari apakah artinya jelek di negara yang berbeda.

"Biasanya saat kami memproduksi kendaraan, konsep, targetnya siapa, selalu kami pertimbangkan. Kami juga mencari kata bukan hanya bahasa Inggris tapi luar Inggris, kadang digabungkan untuk menciptakan kata baru. Untuk produk global yang memiliki 1 model, kadang harus mempertimbangkan 'negative check' di setiap negara, dalam bahasanya masing-masing. Misalnya ini contoh yang buruk, di Thailand ada Hilux Vigo, di Indonesia terdengarnya seperti bego, ya seperti itu, karena itu nama Hilux di Indonesia ya hanya Hilux saja. Kami selalu mencoba satu nama yang mendunia, tapi kadang kami ubah," ujarnya.


(ddn/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed