Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Senin 12 Juni 2017, 12:24 WIB

Coaching Clinic Toyota Calya

'Toyota Selalu Terima Masukan Konsumen'

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Toyota Selalu Terima Masukan Konsumen Foto: Dadan Kuswaraharja
Jakarta -

Toyota Astra Motor (TAM) dalam mengembangkan mobil-mobilnya mencoba mengoleksi masukan dari konsumen. Begitu juga terkait Toyota Calya.

PR Manager TAM, Rouli Sijabat mengatakan, Toyota selalu melakukan survei dalam mengembangkan mobilnya. Pabrikan ini menyerap feedback dari konsumen terhadap mobil-mobil baru.

"Tujuannya menyerap feedback terhadap mobil baru. Fitur-fitur apa yang kurang, fitur apa yang enggak diperlukan," kata Rouli di acara coaching clinic Wonderful Surprise, di Jakarta.

Rouli mencontohkan kakak Calya, yaitu Toyota Avanza. Semakin ke sini, fitur Avanza semakin lengkap mengikuti keinginan konsumen.

"Kita lakukan survei. Ternyata kebutuhan konsumen itu butuh mobil yang ground clelaran tinggi karena jalanan di Indonesia itu kurang bagus, dan butuh mobil dengan tenaga besar. Akhirnya dibikin Avanza, tapi handycap-nya harga mobil terjangkau. Tapi setiap tahun, kita survei konsumen mereka minta tambah ini, itu. Mau enggak mau nambah teknologi, nambah harga juga. Nah yang pasti untuk Calya ini kita akan selalu absorb kebutuhan konsumen," ujar Rouli.

(rgr/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed