Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Selasa 06 Juni 2017, 14:27 WIB

Jurus Daihatsu Pertahankan Xenia saat Ada Pesaing Baru

Khairul Imam Ghozali - detikOto
Jurus Daihatsu Pertahankan Xenia saat Ada Pesaing Baru Daihatsu Xenia (Foto: Rengga Sancaya)
Jakarta - Hampir seluruh pabrikan mobil besar kini memiliki line up mobil Low MPV. Pesaing baru pun bermunculan. Daihatsu selaku pemain lama di kelas ini punya strategi sendiri agar penjualannya tidak anjlok.

"Antisipasinya kita tetap mengembangkan jaringan penjualan, dan purnajual kita. Rasanya itu yang buat brand-brand seperti Daihatsu yang kita sudah eksis lama di segmen itu," ujar Marketing & CR Division Head Astra International Daihatsu Sales Operation (AI DSO), Hendrayadi Lastiyoso, kepada wartawan, di Kelapa Gading, jakarta Timur.

Menurutnya cara tersebut merupakan kunci utama bagi produsen yang memang sudah lama bermain di segmen tersebut. "Karena kalau layanan purna jual itu banyak dan tersebar, itu menjadi pertimbangan utama di segmen ini. Tempat pembeliannya gampang, service-nya gampang, murah, terjangkau," tutur Hendra.

Selain itu, Daihatsu juga tidak khawatir dengan datangnya pesaing baru dari China, Wuling, yang akan mencoba mendobrak pasar MPV dengan produknya yang diklaim memiliki berbagai keunggulan termasuk harga yang kompetitif.

"Kemarin kan sudah tahu tuh harga (produk Wuling), atau prediksinya berapa, dicek aja, di bawah atau di atas Xenia," pungkas Hendra.

Dia menambahkan dengan adanya pesaing baru, masyarakat justru diuntungkan karena ada pilihan lain.

"Pilihannya semakin banyak. Tapi kalau daihatsu tetap yakin bahwa segmen-nya Daihatsu sejak dulu sampai sekarang punya segmen sendiri, sehingga mudah-mudahan penjualan kita tetap bisa kita maintenance, gitu," ujarnya.

Selain itu, lanjut Hendara mengatakan, Daihatsu selalu menyambut hangat para pendatang baru, bukan hanya di segmen MPV, tapi juga di segmen lainnya.

"Dan wajar di segmen itu yang paling gemuk, makin lama saingannya makin banyak," ungkapnya.

Daihatsu sendiri saat ini memiliki produk yang cukup kuat keberadaannya, dan stabil penjualannya, yaitu Daihatsu Xenia, serta produk-nya yang belum setahun umurnya, Daihatsu Sigra. (khi/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed