Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Minggu 04 Juni 2017, 04:09 WIB

Mobil Terbaik untuk Para Lansia

Dina Rayanti - detikOto
Mobil Terbaik untuk Para Lansia Foto: Newspress
Washington - Produsen mobil mungkin tak ingin disebut sebagai mobilnya orang tua. Tapi perlu disadari pengguna mobil yang umurnya sudah tua merupakan pasar yang besar dan jumlahnya terus meningkat.

Misalnya di Amerika. Pengendara lansia atau yang berusia di atas 65 tahun di Amerika Serikat jumlahnya semakin bertambah dari hari ke hari. Bahkan naik hingga setengahnya antara tahun 1999 dan 2015.

Orang sering mengatakan risiko bahaya yang muncul jika mobil dikendarai oleh orang tua. Tapi faktanya pengendara muda malah lebih bahaya. Kalangan yang sering mengalami kecelakaan adalah mereka yang berusia produktif dan masih remaja.

Karena adanya potensi yang masih besar itu dari orang tua, CNNMoney, Minggu (4/6/2017), melansir sekitar 25 kendaraan terbaik bagi lansia termasuk model Crossover SUV dan beberapa sedan versi lembaga yang berpengaruh Consumer Reports (CR).

Lantas apa mobil terbaik versi lansia menurut CR?

Posisi lima teratas diisi oleh Subaru Forester, Subaru Forester, Subaru Outback, Kia Soul, Subaru Legacy, and Kia Sportage. Ada juga Ford Escape, Nissan Rogue, Toyota Corolla, dan Hyundai Santa Fe.

Memilih mobil yang sesuai bisa mengurangi ketidaknyamanan pada pengendara lansia, berbeda dengan pengendara yang masih muda itu semua tidak terlalu menjadi masalah besar.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi lansia dalam memilih mobil.

1. Akses kursi depan

Pastinya akses pintu depan untuk si pengendara lansia cukup penting karena menjadi tempat keluar masuk si pengendara. Tidak terlalu rendah dan juga tak terlalu tinggi sehingga bisa langsung berada di balik kemudi setir.

2. Penglihatan

Model mobil jenis apapun tak masalah asal si pengendara bisa memiliki jarak pandang yang jelas.

3. Kontrol

Mobil baik untuk pengendara lansia harus memiliki layar odometer yang mudah dibaca dan kontrol yang tak terlalu ribet. Termasuk knob dan beberapa tombol seperti radio, climate control, dan tuas transmisi.

4. Lampu Depan

Beberapa pabrikan menawarkan model lampu depan yang berbeda-beda. Ini penting bagi lansia, karena penglihatannya sudah kurang baik sehingga membutuhkan lampu depan dengan pencahayaan yang baik.

(dry/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed