Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Kamis 01 Juni 2017, 03:56 WIB

BMW Bocorkan Teknologi Mobil Tanpa Sopir

M Luthfi Andika - detikOto
BMW Bocorkan Teknologi Mobil Tanpa Sopir Foto: BMW
Munich - Industri otomotif dunia akan mengalami perubahan yang lebih cepat dalam 10 tahun ke depan. Perubahan itu lebih cepat dibanding yang sudah terjadi dalam 30 tahun lalu. Salah satu lompatan besar dalam industri otomotif adalah teknologi mobil tanpa sopir atau mobil otonom.

Salah satu produsen yang turut mengembangkan teknologi mobil tanpa sopir adalah produsen Jerman, BMW. Merek yang memiliki logo khas itu rupanya sudah mengembangkan mobil tanpa sopir sejak 2006, dengan BMW Seri 3 yang kini sudah bisa memutari sirkuit Hockenheim dengan sendirinya.

Prototipe mobil BMW sudah jalan-jalan di tol A9 yang menghubungkan Munich dan Nuremberg pada 2011. 3 tahun kemudian, prototipe mobil tanpa sopir BMW yang lebih canggih sudah dilengkapi dengan teknologi pendeteksi lingkungan dalam 360 derajat, yang memungkinkan mobil menghindari kecelakaan.

Mobil tanpa sopir BMW juga sudah jago ngedrift di Las Vegas Speedway untuk pertama kalinya. Ini memperlihatkan kalau mobil tanpa sopir memiliki potensi performa yang bagus.

Mobil malah sekarang bisa parkir sendiri menggunakan tombol di remote mobil. Untuk pemetaan jalanan, BMW mengusung HERE Maps, meski BMW tidak menutup kemungkinan akan menjalin kerjasama dengan yang lainnya.

Mobil tanpa sopir memiliki berbagai tahapan dalam perjalanannya. Saat ini mobil tanpa sopir memasuki level kedua, dimana masih membutuhkan bantuan pengendara. Pengendara masih bertanggung jawab untuk menyetir setiap saat, di mobil pun memiliki fitur pendeteksi gerakan tangan.

Saat memasuki level 3—dimana BMW memprediksi akan terjadi pada 2021 dengan BMW iNext— pengendara dan mobil akan berbagi tanggung jawab dalam mengontrol kendaraan untuk pertama kalinya.

Di level 4 (mulai tahun 2021) mobil bisa melaju secara otomatis di jalan perkotaan dengan fungsi yang lebih beragam. Pengendara bisa tidur selama perjalanan jauh jika membutuhkan. Bedanya dengan level 3 adalah, waktu yang dibutuhkan untuk mengambil alih fungsi berkendara menjadi lebih lama, jadi pengendara bisa lebih santai.

Setelah tahun 2020, BMW merasa sudah saatnya untuk menjual mobil tanpa pedal atau bahkan tanpa kemudi, namun masih berupa pilot program. Ini lah masanya level 5, dimana pengendara tak perlu lagi surat izin mengemudi. Mobil mengambil alih semua fungsi berkendara.

Mobil tanpa sipir kemungkinan akan berada di pasaran antara 2020-2030. Agar mobil bisa melaju sendiri, ada beberapa fitur seperti pendeteksi laser, kamera, sensor radar, sensor ultrasonik dan sistem GPS.

Kamera di windshield mobil tanpa sopir BMWKamera di windshield mobil tanpa sopir BMW Foto: BMW
(ddn/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed