Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Sabtu 27 Mei 2017, 12:33 WIB

Eropa Bukan Lagi Surga Mobil Diesel

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Eropa Bukan Lagi Surga Mobil Diesel Mesin diesel VW Golf GTD. Foto: Volkswagen
Brussel - Dulu, Eropa menjadi surga bagi mobil bermesin diesel. Tapi sekarang, orang-orang di Benua Biru itu sedikit demi sedikit meninggalkan mobil diesel.

Diberitakan Motor1, Sabtu (27/5/2017), data yang dirilis JATO Dynamics menyatakan, penjualan mobil diesel di Eropa menurun hingga 15 persen pada April 2017 menjadi 46 persen. Pada April 2016, mobil diesel setidaknya menguasai pasar Eropa lebih dari 50 persen. Kini, mobil diesel tak lagi menjadi mobil yang dominan dijual di Eropa.

"Meskipun ada beberapa alasan perubahan ini, semua bukti menujukkan skandal Dieselgate--skandal emisi mobil diesel Volkswagen yang terungkap 2015 lalu--merupakan awal dari penurunan ini," kata analis otomotif global JATO Dynamics, Felipe Munoz.

Menurutnya, sejak skandal emisi VW pada 2015 lalu, jenis bahan bakar diesel telah mengalami kemunduran besar pada reputasinya. Pemerintah di Eropa juga mempertimbangkan undang-undang baru yang secara langsung mempengaruhi pemiliki mobil diesel. Beberapa negara di Eropa juga ingin membatasi penggunaan mobil diesel.

"Dorongan kendaraan elektrik/hybrid, yang sangat umum terjadi di pasar seperti Inggris, mungkin tidak mengherankan jika melihat penurunan performa (penjualan) kendaraan diesel)," katanya. (rgr/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed