Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Kamis 25 Mei 2017, 13:12 WIB

Pabrikan China Ini Akuisisi Saham Proton

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Pabrikan China Ini Akuisisi Saham Proton Foto: Dina Rayanti
Kuala Lumpur - Proton akhirnya sudah membuka diri. Saham pabrikan asal Malaysia itu kini diakuisisi oleh pabrikan asal China, Zhejiang Geely Holding Group.

Diberitakan Reuters, Zhejiang Geely Holding Group akan membeli 49,9 persen saham di Proton. Investasi tersebut muncul di balik kesepakatan senilai miliaran dolar yang diteken baru-baru ini antara China dan Malaysia.

"Proton akan selalu menjadi mobil nasional dan sumber kebanggan, karena Proton masih memiliki saham mayoritas sebesar 50,1 persen. Merek kami yang sangat dicintai sekarang memiliki kesempatan nyata dalam melakukan comeback, yang sangat saya harapkan," kata Menteri Keuangan Kedua Malaysia, Johari Abdul Ghani seperti dikutip Reuters.

Sayang, nilai kesepakatan antara Geely dan Proton belum dirilis. Dikatakan, kesepakatan ini bakal diteken pada Juli nanti.

Sebelumnya, Proton sudah mencari mitra strategis asing mulai tahun lalu. Sebanyak 15 pemain otomotif global tertarik dengan Proton yang akhirnya diringkas menjadi tiga kandidat. Produsen kendaraan lainnya yang tertarik mengakuisisi Proton antara lain Peugeot PSA, Suzuki Motor Corp, dan Renault SA. (rgr/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
FJB Otomotif +