Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Jumat 19 Mei 2017, 15:14 WIB

Apa yang Diharapkan Produsen Mobil Eropa ke Pemerintah?

M Luthfi Andika - detikOto
Apa yang Diharapkan Produsen Mobil Eropa ke Pemerintah? Foto: Rangga Rahadiansyah
Jakarta - Pabrikan asal Eropa di Indonesia saat ini, masih kalah jauh dibandingkan pabrikan Jepang. Bahkan ada sebutan kalau Indonesia itu 'backyard'nya Jepang.

Pabrikan Jepang kita ketahui banyak mendapatkan fasilitas dari pemerintah Indonesia, sementara Eropa boleh dibilang masih kurang. Apakah ada saran pabrikan Eropa seperti Renault kepada pemerintah terkait hal ini?

"Kalau itu saya tidak bisa jawab, karena semua orang (pabrikan-Red) ingin jualan. Dan satu-satunya jalan mesti lebih mengenalkan karakternya kepada orang (konsumen-Red) Indonesia. Di sini after sales bisa berperan," kata Sales & Marketing Division Head Renault Indonesia, Ario Soerjo, kepada detikOto

Selain itu, lanjut Ario. Kebutuhan pabrikan itu berbeda-beda.

"Untuk merek gede (brand besar-Red) itu berbeda kebutuhan, semua kebutuhannya berbeda-beda. Kalau Renault, karena aliansi dengan Nissan, kami akan memanfaatkannya dengan menyediakan after sales di area yang belum ter-cover," ujarnya.

"Kita ingin membuat orang lebih nyaman, dengan memberikan pelayanan terbaik, mudah merawat, otomatis mereka merasa lebih aman memiliki mobil. Dan kalau soal pabrik, Renault pabrik sudah ada. Karena kita aliansi dengan Nissan. Kalau inginnya nih, kita ingin membuat satu model di Indonesia dan khusus Indonesia," tambahnya. (lth/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed