Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Rabu 26 April 2017, 09:41 WIB

Bambu Jadi Bahan Dasar Interior Mobil, Mungkinkah?

Alfiza Satrio - detikOto
Bambu Jadi Bahan Dasar Interior Mobil, Mungkinkah? Foto: Dadan Kuswaraharja
Jakarta - Semakin hari perkembangan kendaraan roda empat memang semakin beragam saja. Setelah serat karbon yang saat ini banyak dipakai para pabrikan sebagai bahan dasar eksterior mobil, kini salah satu perusahaan mobil asal Amerika Serikat, Ford, berencana membuat terobosan baru dengan menggunakan bambu sebagai bahan dasar untuk interior.

Seperti dilansir Motor1, Rabu (26/4/2017), pihak Ford berpendapat bahwa perpaduan bambu dan plastik akan menghasilkan suatu material yang kuat. Selain itu, bambu juga merupakan bahan yang terbilang cukup murah serta pertumbuhannya cepat, hanya sekitar dua sampai lima tahun. Jauh lebih cepat dari tanaman lain yang membutuhkan setidaknya sepuluh tahun untuk menjadi dewasa.

Janet Yin, supervisor Ford di Nanjing Research and Engineering Center, menyatakan bahwa bambu merupakan material yang luar biasa dan memiliki banyak keunggulan.

"Bambu itu luar biasa. Tak hanya kuat, tapi juga fleksibel, dapat didaur ulang sepenuhnya, dan mudah ditemukan di China dan wilayah Asia lainnya," ujar Janet.

Para teknisi Ford juga telah melakukan beberapa uji coba yang menunjukkan bahwa bambu jauh lebih unggul ketimbang serat alami ataupun sintetis lainnya.

Pabrikan asal Negeri Paman Sam tersebut mengklaim bahwa bambu akan mampu bertahan hingga suhu maksimal 212 derajat Fahrenheit atau sekitar 100 derajat celsius, sehingga dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan. Meskipun begitu, Ford masih belum dapat memastikan kapan pemakaian bambu akan benar-benar diaplikasikan dalam proses produksi mobil mereka.


(lth/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed