Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Jumat 21 April 2017, 12:25 WIB

Pajak Diturunkan, Honda Niat Produksi Sedan Versi Lokal?

Dina Rayanti - detikOto
Pajak Diturunkan, Honda Niat Produksi Sedan Versi Lokal? Foto: Rengga Sancaya
Tangerang - Sedan saat ini masih dikenakan Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPnBM). Pasarnya pun kian menurun. Bahkan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mengusulkan pemerintah untuk menurunkan PPnBM agar pasarnya kembali bergairah.

Meski begitu, jika pajaknya diturunkan PT Honda Prospect Motor (HPM) belum berencana untuk memproduksi mobil sedannya secara lokal. Berbeda dengan rivalnya, Toyota yang memproduksi Vios di Indonesia.

"Ya kita akan studi, saya nggak bisa tahu karena peraturan saya gak tahu, sama nanti ada hubungan dengan yang lain-lain. Pemerintah kan tidak menurunkan pajak serta merta gitu tapi industri nggak bisa terima serta merta," kata Direktur Pemasaran dan Layanan Purnajual PT HPM, Jonfis Fandy, di Tangerang.

"Toyota saya tahu karena sudah produksi Vios tapi itu kan karena dia ada taksi dulunya, tapi sekarang ada Uber segala dan beralih ke 7-seater, taksi konvensional pun jadi 7, apakah volumenya akan besar seperti itu lagi karena kan tidak ada proteksi taksi sekarang," lanjut Jonfis.

Seperti diketahui, penjualan mobil di segmen sedan justru mengalami penurunan akibat tingginya PPnBM yang diterapkan untuk segmen tersebut mulai 30 persen untuk sedan dengan kapasitas dibawah 1.500 cc hingga 125 persen untuk sedan diatas 3.500 cc. (dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
FJB Otomotif +