Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Jumat 21 Apr 2017, 07:31 WIB

Laporan dari Korea

Di Sini Pabrikan Jerman Godok Karyawan dari Indonesia

M Luthfi Andika - detikOto
Di Sini Pabrikan Jerman Godok Karyawan dari Indonesia Driving Center BMW di Incheon, Korea (Foto: M Luthfi Andika)
Seoul - Fasilitas Driving Center BMW untuk kawasan Asia baru ada di Icheon, Korea Selatan yang diresmikan Agustus 2014 lalu. Tapi rupanya di Indonesia BMW memiliki pelatihan yang sama layaknya Driving Center.

"Sebenarnya kita punya BMW Training Center yang berada di German Center (di kawasan BSD-red). Jadi itu pun sebuah fasilitas yang sangat lengkap karena semua pelatihan dilakukan disitu (para karayawan BMW Indonesia-Red)," ujar Vice President Corporate Communications BMW Group Indonesia, Jodie O'tania, seperti dilaporkan reporter detikOto M Luthfi Andika dari Seoul, Korea Selatan.

"Dan di indonesia BMW Training Center sudah ada di BSD, namun belum dilengkapi dengan sirkuit pribadi. Kalau sirkuitnya kita masih bekerjasama dengan yang ada di Indonesia. Namun kami juga ada yang mendatangkan instruktur dari Jerman," tambah Jodie.

Jodie menambahkan para instruktur ini memberikan berbagai pelatihan, bahkan pelatihan dalam menjual kendaraan BMW.

"Berbagai pelatihan dilakukan ada technical skill, soft skill, dan semua yang berkaitan dengan BMW, semua dilakukan di BMW Training Center," katanya.

Lalu mungkin tidak ya BMW Indonesia, memiliki fasilitas Driving Center layaknya di Korea Selatan?

"Untuk saat ini BMW Training Center sudah mencukupi, karena di Training Center itu ada beberapa modul soft skill, technical training. Lalu kapan akan memiliki seperti yang di Korea Selatan? Kita lihat, kalau permintaan terus meningkat, kita tidak tahu," katanya.

"Tapi kalau permintaan terus meningkat ada kemungkinan untuk membuka sirkuitnya sendiri. Karena kalau dibandingkan Korea dengan Indonesia memiliki perbedaan penjualan yang signifikan," tambahnya.

Berdasarkan data penjualan dunia yang diberikan oleh BMW Indonesia. penjualan BMW di Korea Selatan menjadi terbaik ke-8 dengan mampu terjual hingga 48.459 unit di 2016, sedangkan di Indonesia rata-rata penjualan BMW mencapai 3.000 unit.

Berikut daftar penjualan BMW di berbagai negara pada 2016.

1. China 482.186 unit
2. Amerika Serikat 324.478 unit
3. Jerman 264.505 unit
4. Inggris Raya 182.593 unit
5. Prancis 60.511 unit
6. Italia 59.906 unit
7. Jepang 50.913 unit
8. Korea Selatan 48.459 unit
9. Spanyol 44.365 unit
10. Belgia 40.244 unit

Sementara di Indonesia, BMW tahun lalu mengirim 2.506 unit mobil. (lth/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed