Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Senin 17 April 2017, 18:02 WIB

Ignis Masuk Pasar LCEV? Ini Kata Suzuki

Alfiza Satrio - detikOto
Ignis Masuk Pasar LCEV? Ini Kata Suzuki Foto: Rangga Rahadiansyah
Jakarta -

Low Carbon Emission Vehicle (LCEV) memang sedang hangat dibicarakan akhir-akhir ini dan digadang-gadang akan menjadi program pemerintah dalam beberapa tahun mendatang. Sebagai salah satu pabrikan besar di Indonesia, Suzuki menyatakan kesiapan mereka untuk mendukung program yang dicanangkan oleh pemerintah.

Meski begitu, 4W Market Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Donny Saputra, mengungkapkan bahwa sampai saat ini belum ada sosialisasi secara merinci dari pemerintah kepada pihak manufaktur terkait program LCEV ini.

"Sampai saat ini, kami belum dapat sosialisasi konkret soal program LCEV itu seperti apa. Tapi kami tidak menutup diri terhadap program yang ditawarkan pemerintah. Jadi saya tidak bisa komentar lebih lanjut karena kalau untuk LCEV kami belum dapat brief rinci dari pemerintah," jelas Donny di Jakarta, Senin (17/1/2017).





Donny menambahkan, beberapa aspek mengenai LCEV masih harus diperjelas rinciannya, seperti yang sudah diterapkan pada LCGC (Low Cost Green Car). Salah satunya batas minimal penggunaan komponen lokal yang harus ada dalam tiap mobil.

"Kita harus lihat untuk LCEV ini pemerintah maunya local component berapa persen. Saat kita masuk ke suatu program, kan standar minimum dulu kita lihat, baru nanti kita kejar. Contoh LCGC, 84% harus komponen lokal, ada juga aturan soal turning radius dan sebagainya. Tinggal kita lihat peraturan LCEV ini apakah akan fokusnya ke bahan bakar, emisi, atau kombinasi keduanya," tambah Donny.

Namun Donny juga menjelaskan bahwa sebenarnya pihak Suzuki Indonesia sendiri dapat dikatakan sudah siap dengan apa pun regulasi yang akan diterapkan oleh pemerintah nantinya.

"Dari infrastruktur, industri dan teknologi yang dimiliki Suzuki Indonesia saat ini, it's very easy to achieve it. Tinggal nanti detailnya begaimana, regulasinya bagaimana, tolok ukur dan lain sebagainya bagaimana, itu saja. Kami lihat sih sudah ada kesiapan dan tendensi positif pemerintah untuk mengarah ke sana, dan kami sebagai manufaktur akan dukung pemerintah," pungkas Donny.

Sementara untuk varian yang baru saja mereka luncurkan, yaitu Suzuki Ignis, pihak Suzuki menyatakan bahwa mobil tersebut tidak termasuk ke dalam kategori LCGC. Namun belum juga dapat dikatakan sebagai LCEV karena masih belum jelasnya rincian soal LCEV itu sendiri. Karena itulah mereka menyebut Ignis sebagai mobil pertama yang masuk dalam genre Urban SUV. (rgr/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed