Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Minggu 09 April 2017, 13:15 WIB

Perangkat untuk Kelabui Tes Emisi Kembali Ditemukan

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Perangkat untuk Kelabui Tes Emisi Kembali Ditemukan Foto: Fiat
Berlin - Perangkat untuk mengelabui uji emisi pada mobil kembali ditemukan. Setelah pada September 2015 lalu perangkat itu terbukti ada di mobil-mobil Volkswagen, kini Menteri Transportasi Jerman membuktikan adanya perangkat serupa di mobil Fiat.

Diberitakan Reuters, Minggu (9/4/2017), Kementerian Transportasi Jerman mengatakan akan mengirimkan hasil pengujian ke Komisi Eropas yang telah mengkaji kasus emisi sebelumnya yang melibatkan Fiat. Sayang, kementerian itu menolak memberikan informasi lebih rinci.

Majalah mingguan Jerman, Der Spiegel melaporkan, pengujian baru-baru ini yang melibatkan Fiat 500X menunjukkan, sistem pengolahan gas buang mati setelah 90 menit. Dalam tes sebelumnya, sistem serupa pada kendaraan Fiat ditemukan mati setelah 22 menit.

Tapi, Fiat membantah kabar bahwa mobilnya dilengkapi perangkat ilegal untuk mengelabui uji emisi. "Kami tidak dalam posisi untuk mengomentari keabsahan atau keakuratan dokumen internal atau tes emisi yang kami sendiri belum pernah melihatnya," ujar juru bicara Fiat Chrysler Automobile.

"Fiat 500X sudah sesuai dengan aturan emisi dalam semua hal baik material maupun persyaratan yang berlaku," kata Fiat.

Dilaporkan, upaya Eropa untuk menekan emisi kendaraan membuat produsen mobil untuk mematikan sistem kontrol emisi dalam kondisi tertentu seperti pada suhu tertentu yang bisa merusak mesin. (rgr/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
FJB Otomotif +