Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Rabu 05 Apr 2017, 10:15 WIB

Ini yang Harus Diperhatikan Saat Penerapan Standar Euro4 Berlaku

Khairul Imam Ghozali - detikOto
Ini yang Harus Diperhatikan Saat Penerapan Standar Euro4 Berlaku Foto: Ari Saputra
Jakarta - Industri otomotif roda empat Indonesia akan segera memasuki standar emisi baru dengan bahan bakar Euro4, yang saat ini masih Euro2.

Selain menguntungkan dari segi lingkungan, masih ada faktor yang harus diperhatikan jika bahan bakar standar Euro4 mulai diberlakukan.

Seperti yang disampaikan Senior Vice President Field Marketing and Distribution Pertamina, Gigih wahyu Hari Irianto, salah satunya dengan kesiapan masyarakat menerima standar bahan bakar terbaru.

"Kalau semua Euro4, harga harus berubah dong, apakah masyarakat kita mampu mengakomodir itu? Tapi kalau niatnya untuk implementasi Euro4, no problem," ucapnya di kantor Pusat Pertamina, Jakarta Pusat.

Selain itu, di sisi lain, lebih lanjut Gigih mengatakan, dengan adanya penerapan Euro4 tersebut, kemungkinan akan ada tambahan impor bahan bakar.

"Otomatis (akan ada impor tambahan). Kan baru kilang Balikpapan yang siap di 2019," katanya.

Gigih melanjutkan secara keseluruhan terkait pengadaan bahan bakar Pertamina telah siap, namun menurutnya ada beberapa hal yang harus kembali diperhatikan oleh pemerintah.

"Apapun kita ready, tapi kalau konversi seluruhnya pada tahun itu, tanya aja ke pemerintah, mau di apakan aset-aset itu. Konversi-nya nanti tergantung kemampuan. Misalnya kalau kita impor Euro4 artinya premium yang regular berkurang dong," pungkasnya. (khi/lth)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed