Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Selasa 04 April 2017, 11:21 WIB

Laporan dari Jerman

Peninggalan Perang Dunia II di Pabrik VW

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Peninggalan Perang Dunia II di Pabrik VW Foto: Rangga Rahardiansyah
Wolfsburg - Pabrik Volkswagen di Wolfsburg, Jerman memiliki sejarah panjang. Bangunan pabrik ini merupakan saksi bisu terjadinya Perang Dunia II.

Saat Perang Dunia II, pabrik ini sempat digunakan untuk memproduksi kendaraan perang. Pihak Sekutu menargetkan lokasi ini untuk pengeboman.

Baca juga: Bom Bekas Perang Dunia II Ditemukan di Pabrik VW.

detikOto berkesempatan mengunjungi pabrik Volkswagen di Wolfsburg, Jerman. detikOto dan dua orang rombongan lain dari Indonesia ditemani Mouna Jebabli, Communications Visitors Service Volkswagen sebagai pemandu plant tour mengunjungi pabrik ini. Pertama kali, kami mengunjungi fasilitas press shop yakni fasilitas untuk membentuk lembaran logam menjadi bentuk tiga dimensi. Sayangnya, kami sangat tidak diperkenankan mengambil gambar suasana di dalam pabrik. Kami hanya bisa mengambil gambar dari luar area pabrik Volkswagen.

"Semua sejarah Volkswagen dimulai dari tempat ini. Ini adalah sayap produksi paling tua," kata Mouna menjelaskan kepada detikOto dan dua rombongan Poloisme di Wolfsburg, Jerman.

Mouna sempat bercerita sedikit soal sejarah Volkswagen. Sekitar 1930-an, Volkswagen mulai memproduksi prototipe Beetle. Saat itu, Ferdinand Porsche mendapatkan order untuk memproduksi mobil yang terjangkau, sebuah mobil untuk rakyat.

"Dalam bahasa Jerman, Volkswagen artinya mobil untuk rakyat," katanya.

Tapi, beberapa waktu setelahnya, perang dunia pecah. Pabrik ini berhenti memproduksi mobil untuk fokus membuat kendaraan perang. Pabrik ini pun tak luput dari serangan Perang Dunia II.

Peninggalan Perang Dunia II di Pabrik Mobil di JermanFoto: Rangga Rahardiansyah


"Selama Perang Dunia II, bangunan ini terkena bom hingga 60 persen. Anda bisa melihat beberapa peninggalan Perang Dunia II, ada beberapa lubang bekas peluru," kata Mouna.

Kini, pabrik Volkswagen di Wolfsburg telah dimodernisasi. Pabrik ini mempekerjakan lebih dari 60 ribu orang dan menggunakan lebih dari 3.000 robot.

"Pabrik ini memproduksi mobil-mobil seperti Golf, Golf Sportsvan, Touran dan Tiguan," kata Mouna. (rgr/lth)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed