Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Jumat 31 Maret 2017, 14:17 WIB

Laporan dari Jerman

Beetle Klasik Pertama dan Terakhir Bersanding di Museum VW

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Beetle Klasik Pertama dan Terakhir Bersanding di Museum VW Foto: Rangga Rahardiansyah
Wolfsburg - Volkswagen Beetle merupakan mobil ikonik dari Jerman yang sarat akan sejarah. Ini merupakan cikal bakal mobil rakyat dari Jerman.

Pada 1930-an, Ferdinand Porsche dikontrak oleh Asosiasi Industri Otomotif Jerman untuk mengembangkan mobil rakyat. Pada 1936, mobil pertama untuk pengujian dibuat. Kemudian di 1937, dibuat 30 prototipe (V30) untuk pengujian endurance.

VW Beetle Klasik Pertama dan Terakhir Bersanding di Museum VWFoto: Rangga Rahardiansyah


Dan 1938, dibuatlah Type 60 ini sebagai model pra-produksi. Model yang dipajang di museum Autostadt ini merupakan versi prototipe, cikal bakal Volkswagen Beetle yang ikonik.

Prototipe Type 60 merupakan salah satu Beetle tertua. Prototipe dengan nomor sasis 3803 ini adalah salah satu model pre-series yang didesain oleh Ferdinand Porsche. Mobil ini dibangun pada 1938.

Type 60 ini menggunakan mesin boxer empat silinder berkapasitas 985 cc dengan tenaga maksimal 24,5 daya kuda. Mobil ini bisa dipacu hingga kecepatan 100 km/jam.

Mobil ini juga memilik sejarah. Ferdinand Porsche pernah mengendarai mobil ini dari studio desainnya di Stuttgart ke pabrik Volkswagen masa depannya di Fallersleben, Wolfsburg.

Pada 1945, produksi Beetle diluncurkan di Wolfsburg, Jerman. Kemudian di 1954, Beetle mulai diproduksi di Meksiko. Namun, pada 1978, Beetle standard di Jerman berakhir produksinya, dan 1980 produksi Beetle Cabriolet juga berakhir di pabrik Karmann di Osnabruck, Jerman. Tapi, di beberapa negara, produksi Beetle masih berlanjut. Terahir, Volkswagen Beetle diproduksi di Meksiko pada 2003.

Beetle Klasik Pertama dan Terakhir Bersanding di Museum VWFoto: Rangga Rahardiansyah


Di museum Autostadt di markas Volkswagen di Wolfsburg, Jerman ini, prototipe Type 60 disandingkan dengan Volkswagen Beetle klasik produksi terakhir. Beetle dengan nomor sasis B84M905162 ini merupakan edisi terakhir yang diproduksi di Meksiko pada 2003.

Volkswagen Beetle edisi terakhir ini menggendong mesin boxer empat silinder berkapasita 1.584 cc. Mesin itu menyemburkan tenaga 44 daya kuda dengan kecepatan maksimal 124 km/jam. (rgr/lth)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed