Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Rabu 15 Mar 2017, 15:14 WIB

Toyota Tak Jor-joran Naikkan Gaji Karyawan

Alfiza Satrio - detikOto
Toyota Tak Jor-joran Naikkan Gaji Karyawan Foto: Reuters
Tokyo - Kondisi ekonomi global yang tidak menentu memaksa Toyota untuk mengetatkan pengeluaran mereka. Toyota pun tidak jor-joran menaikkan gaji karyawan mereka tahun ini.

Menurut Reuters, kenaikan gaji kali ini dilakukan secara moderat. Tidak ada angka kenaikan gaji yang fantastis.

Seperti dilansir Reuters, terhitung mulai April mendatang, Toyota memutuskan hanya memberikan kenaikan gaji dasar sebesar 1.300 yen (sekitar Rp 150.000). Jumlah ini 13 persen lebih rendah dari yang diberikan tahun lalu dan kurang dari setengah yang diinginkan serikat pekerja.

Tahun 2016 lalu, Toyota memberikan kenaikan upah 1.500 yen dan 4.000 yen di tahun 2015. Tahun ini serikat pekerja menginginkan adanya kenaikan sampai 3.000 yen.

"Dengan mempertimbangkan ketidakpastian prospek pendapatan kami saat ini, sangat sulit untuk tetap memberikan kenaikan gaji seperti apa yang kami lakukan tahun lalu," jelas Kepala Bagian Umum dan HRD Toyota Tatsuro Ueda.

Jumlah tersebut juga menjadi yang terendah di antara tiga pabrikan otomotif terbesar di Jepang. Nissan Motor Co memberikan kenaikan 1.500 yen untuk tahun ini sementara Honda Motor Co memberikan 3.000 yen.

Kenaikan gaji bagi pegawai Nissan juga sebenarnya lebih kecil dari apa yang diberikan tahun lalu, sementara Honda memberikan besaran yang sama dengan tahun sebelumnya. Hal ini memberikan gambaran bahwa sedang terjadi tren turunnya kenaikan gaji di Negeri Samurai tersebut.

(ddn/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed