Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Rabu 15 Mar 2017, 12:44 WIB

Merah, Warna Mobil Unggulan Mazda

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Merah, Warna Mobil Unggulan Mazda Foto: Mazda
Jakarta - Warna mobil merah menjadi ciri khas Mazda. Merah atau Mazda menyebutnya dengan nama Soul Red disebut sebagai warna kebanggaan pabrikan asal Jepang ini.

"Merah atau soul red itu warna yang jadi hero color Mazda," kata Product Planning Expert Eurokars Motor Indonesia, Bonar Pakpahan.

Warna Soul Red, lanjut Bonar, adalah karya Mazda di mana formulasinya diciptakan sedemikian rupa sehingga di kondisi tertentu warna itu terlihat memancar. Kata Bonar, jika terkena sinar, bagian warna gelap pada bodi mobil akan terlihat sangat gelap, dan bagian terang terlihat sangat terang.

"Jadi ada kontras yang tinggi di permukaan yang sama. Itu bisa memperlihatkan jelas lekuk-lekuk desain khasnya Mazda, KODO-Soul of Motion," jelas Bonar.

Mobil Mazda warna merah di Indonesia menurut Bonar banyak peminatnya. Padahal, mobil Mazda warna itu lebih mahal ketimbang warna lainnya.

"Selama ini lebih mahal Rp 3 juta. Tapi karena warna unik dan bagus, jadi konsumen bersedia dengan warna itu," ujarnya.

Kini, Mazda mulai mencoba menciptakan warna baru yang pertama kali dipakai di CX-5 generasi terbaru. Warnanya masih merah, tapi lebih kinclong. Mazda menyebutnya Soul Red Crystal.

Soul Red Crystal adalah versi lanjutan dari Soul Red. Warna ini menghasilkan saturasi 20 persen lebih besar dan 50 persen lebih dalam dibanding warna Soul Red standar. Cat mobil merah ini terdiri dari 3 lapisan yang jernih, tembus pandang dan reflektif.

Di lapisan yang tembus pandangnya menggunakan pigmen merah jenuh untuk menghasilkan warna yang lebih menyala. Cat juga menggunakan lapisan tipis aluminium dan lapisan penyerap cahaya.

Saat cat disemprotkan ke mobil, ada teknik khusus agar volume cat bisa berkurang. Hasilnya warna menjadi lebih merata dengan penyebaran aluminium dan lapisan penyerap cahaya di seluruh bodi mobil. (rgr/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed