Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Selasa 07 Maret 2017, 11:23 WIB

Lepas Opel, GM Pamit Mundur dari Pasar Eropa

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Lepas Opel, GM Pamit Mundur dari Pasar Eropa Chairman PSA Group Carlos Tavares berjabat tangan dengan CEO GM Mary T Barra dalam jumpa pers di Paris. Foto: General Motors
Paris - Keputusan General Motors melepas Opel akan membuat GM kehilangan pasar di Eropa. GM masih akan menjual beberapa model mobil sport di segmen yang lebih niche seperti Camaro, Corvette atau Cadillac.

Opel merupakan merek yang sudah lama dimiliki GM, sejak 1929. Lepasnya Opel diawali dengan restrukturisasi GM di tahun 2009 lalu. GM sempat akan menjual Opel ke berbagai perusahaan namun ditolak. Tahun 2012 lalu, GM sempat dengan tegas menyatakan Opel takkan dijual.

Volkswagen dan Hyundai dan perusahaan China disebut-sebut sempat tertarik dengan Opel namun akhirnya GM memutuskan untuk melepas Opel ke PSA Group. PSA Group selama ini sudah memiliki merek Peugeot, DS, dan Citroen. Masuknya Opel akan membuat PSA Group menjadi raksasa kedua Eropa setelah Volkswagen.

Buat GM di sisi lain, akan membuat mereka bisa bernapas lega. Karena Opel sudah sekian lama menggerogoti keuangan GM.

"Kami yakin tahapan ini akan membuat Opel dan Vauxhall berada dalam posisi yang lebih kuat di masa depan," ujar CEO dan Chairman GM Mary T. Barra.

(ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
FJB Otomotif +