Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Kamis 02 Maret 2017, 16:50 WIB

Diuji Tabrak, Toyota C-HR Dapat 5 Bintang

Dina Rayanti - detikOto
Diuji Tabrak, Toyota C-HR Dapat 5 Bintang Foto: ANCAP
Jakarta - Lembaga keselamatan lalu lintas Australia (ANCAP) merilis hasil tes tabrak mobil crossover terbaru Toyota, C-HR. Crossover yang kehadirannya dinanti-nanti di negeri Kanguru tersebut mendapatkan lima bintang di seluruh varian yang dijual di Australia dan Selandia Baru.

"C-HR merupakan salah satu contoh mobil dengan harga terjangkau namun memenuhi standar keamanan tinggi di semua area," ujar CEO ANCAP James Goodwin.

Untuk proteksi pada orang dewasa, C-HR mendapatkan skor 33,18 dari poin tertinggi 38. Sementara proteksi terhadap penumpang anak-anak mencatatkan angka 38,03 dari total 49 poin.

Tabrak depan dalam kecepatan 50 km per jamTabrak depan dalam kecepatan 50 km per jam Foto: ANCAP


Tes pada bagian keamanannya mencatatkan angka 8,18 dari poin tertinggi 12. Aspek yang dinilai antara lain peringatan sabuk pengaman, lane support system, dan sistem pengereman otonom.

Di Australia, C-HR mendapat 7 airbag (dua depan, samping, jendela, dan di lutut pengendara). Dibekali mesin empat silinder 1.2 L turbocharged dengan D-4T injeksi langsung dan VVT-iW. Berkat mesin tersebut, C-HR bisa menghasilkan 114 daya kuda dari rpm 5.200 hingga 5.600 dan torsi 185 Nm pada rpm antara 1.500 dan 4.000.

Uji tabrak samping dengan pole pada kecepatan 32 km/jamUji tabrak samping dengan pole pada kecepatan 32 km/jam Foto: ANCAP


Transmisinya mengusung manual 6 percepatan atau CVT juga ditawarkan All-wheel drive sebagai pilihan.

Tes tabrak samping pada kecepatan 50 km per jamTes tabrak samping pada kecepatan 50 km per jam Foto: ANCAP


C-HR juga dilengkapi dengan fitur rem otomatis atau Autonomous Emergency Braking (AEB) dan Lane Support System (LSS) sebagai standar.

"Memang agak mengecewakan melihat sistem AEB di C-HR untuk pasar Australia tidak menggunakan sistem yang sama untuk model Eropa. Di Eropa, sistem ini bisa mendeteksi pejalan kaki," ujar Goodwin. (dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed