Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Minggu 19 Februari 2017, 16:49 WIB

Ford Siapkan Sistem Pendeteksi Lubang di Jalanan

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Ford Siapkan Sistem Pendeteksi Lubang di Jalanan Foto: Ford
Detroit - Lubang jalan kerap membuat pengendara was-was. Ketika melewati jalanan berlubang, kendaraan akan berguncang dan mengorbankan kenyamanan dan keamanan. Lubang di jalanan bahkan bisa menimbulkan kerusakan pada kendaraan.

Untuk mencegah hal itu, Ford tengah menyiapkan sistem yang akan memberi peringatan kepada pengemudi jika ada jalanan berlubang di depan. Dilansir Carscoops, Minggu (19/2/2017), Ford akhir tahun ini akan memulai pengujian sistem pemetaan virtual yang membaca lubang di jalanan.

Peta virtual lubang jalanan itu akan bekerja secara real-time. Sistem ini bisa membuat pengemudi sadar ada lubang di depan dan seberapa buruk jika mereka tetap melalui jalanan berlubang itu.

Informasi tersebut akan tampil di dalam mobil. Sistem itu juga akan menunjukkan rute alternatif.

"Sebuah peta virtual pendeteksi lubang di jalanan ini bisa menyoroti lubang baru dalam beberapa menit dan segera memperingatkan pengemudi lain bahwa ada bahaya di depan. Mobil kami sudah memiliki sensor pendeteksi lubang dan sekarang kami ingin mengambil langkah berikutnya," kata Insinyur Penelitian Ford, Uwe Hoffmann.

Insinyur Ford kini sedang meneliti penggunaan kamera dan modem yang tertanam di mobil. Tujuannya adalah untuk mengumpulkan informasi rinci tentang lubang dan langsung diunggah secara online yang bisa diakses oleh pengemudi lain secara real time. (rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
FJB Otomotif +