Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Jumat 17 Februari 2017, 13:37 WIB

'Opel Dibeli Peugeot Bisa Jadi Kabar Buruk untuk Fiat'

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Opel Dibeli Peugeot Bisa Jadi Kabar Buruk untuk Fiat Foto: Opel
Turin - Group produsen mobil Prancis, PSA Peugeot Citroën bakal menambah 1 lagi merek ke dalam keluarga mereka. PSA akan mengakuisisi merek Opel dari General Motors.

Berita ini, menurut analisis dari New York Times bisa menjadi kabar buruk bagi Fiat Chrysler Automobile (FCA). Analisis itu menyebutkan, jika kesepakatan merek Opel ini diteken, maka grup-grup seperti Volkswagen, PSA Peugeot Citroën dan Renault-Nissan bakal mengontrol total 54 persen pasar Eropa. Sementara Fiat memiliki pangsa pasar hanya 6,6 persen.

"Lebih buruk lagi, banyak pabrik FCA di Eropa yang berada di Italia memiliki biaya tenaga kerja yang tinggi dan hukum ketenagakerjaan yang ketat," tulis New York Times.

Ini menjadi tantangan bagi Fiat. Apalagi grup itu juga berada di bawah tekanan untuk meningkatkan investasi yang mahal dalam menghadirkan mobil ramah lingkungan.

"Perusahaan ini memiliki jejak emisi karbon dioksida yang kurang baik dari setiap volume produsen mobil di pasar Jerman, menurut Pusat Manajemen Otomotif, sebuah organisasi think tank di Jerman," tulis New York Times.

Untuk diketahui, setelah ditangani oleh PSA Peugeot Citroën, merek Opel kemungkinan bakal menjajakan mobil listrik yang lebih ramah lingkungan. CEO Opel, Karl-Thomas Neumann tengah mengerjakan strategi untuk mengubah Opel menjadi merek mobil listrik saja.

Sementara itu, kesepakatan Opel akan membuat visi CEO FCA, Sergio Marchionne untuk menggabungkan FCA dan GM dengan adanya akuisisi Opel oleh PSA akan lebih sulit untuk dicapai. Sebelumnya, Marchionne juga telah mendekati GM, namun ditolak oleh GM. (rgr/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed