Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Jumat 17 Februari 2017, 11:55 WIB

Ini Mobil yang Komponennya Mudah Rusak

Dina Rayanti - detikOto
Ini Mobil yang Komponennya Mudah Rusak Foto: Alfa Romeo
Jakarta - Alfa Romeo, Porsche, dan Land Rover menjadi merek mobil yang memiliki komponen yang mudah rusak dibanding dengan model lain. Hal tersebut diketahui karena lebih dari sepertiga pemilik ketiga mobil tersebut mengklaim garansi di 2016.

Seperti dilansir This Is Money, Jumat (17/2/2017), dari data asuransi Warranty Direct, biaya reparasi ketiga pabrikan tersebut bervariasi dan mahal. Porsche jadi yang termahal biaya reparasi mencapai £ 1.019,07 atau setara Rp 16,9 jutaan dibandingkan dengan Alfa Romeo yang hanya sekitar £ 355,47 atau Rp 5,8 jutaan.

Perusahaan asuransi yang merilis data tersebut mengatakan kenaikan biaya reparasi bakal merangkak naik di tahun ini karena komponen semakin kompleks saja. Dari 40.000 asuransi yang terdaftar, klaim asuransi mencapai £3 juta atau sekitar Rp 49 miliaran.

Dari data tersebut juga diketahui Alfa Romeo paling banyak mengganti partnya dengan 40 persen, Porsche 36 persen, dan 34 persen Land Rover.

Chrysler dan Mercedes-Benz melengkapi urutan keempat dan kelima yang diikuti Jaguar, Lexus, BMW, Volvo, dan Citroen. Mobil buatan Jepang seperti Honda, Subaru, Toyota, dan Suzuki terbukti menjadi yang paling bisa diandalkan di jalan karena hanya 3-6 persen yang mengklaim asuransi akibat komponen yang mudah rusak.

Mobil-mobil kecil dan hatchback juga hanya sedikit komponennya yang rusak sehingga pemilik harus mengkalim asuransi seperti Smart, Kia, Seat, Ford, dan Hyundai tercatat di bawah 10 persen.

Komponen-komponen yang sering diklaim tersebut adalah as dan suspensi bersamaan dengan masalah elektronik. (dry/rgr)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed