Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Kamis 16 Feb 2017, 19:17 WIB

Updated

Toyota Prius Plug In Hybrid Terbaru, Lebih Jauh dan Lebih Cepat

Dina Rayanti - detikOto
Toyota Prius Plug In Hybrid Terbaru, Lebih Jauh dan Lebih Cepat Foto: Toyota
Tokyo - Toyota Motor Corporation baru saja meluncurkan versi baru Prius PHV (plug-in hybrid vehicle) di Jepang. Mobil tersebut resmi dijual pada hari ini di diler Toyota, Toyopet, Toyota Corolla, dan Netz seperti dikutip keterangan resmi Toyota, Kamis (16/2/2017).

Pembuat mobil asal Jepang itu memang telah bekerja untuk memperbaiki Prius PHV terbaru agar lebih ramah lingkungan yang menjadi ciri khasnya. Komponen canggih dan futuristik telah ditambahkan sehingga pengisian ulang baterai bisa lebih cepat.

Baterainya kini menggunakan baterai ion lithium berkapasitas yang lebih besar. Digabungkan dengan efisiensi di sistem plug in hybrid-nya, jarak jelajah dalam mode listrik meningkat menjadi 68,2 km. Pada mode listrik juga, mobil bisa mencapai kecepatan 135 km per jam. Sementara untuk konsumsi BBM-nya mencapai 37,2 km/L dengan menggunakan mesin bensin 1.800 cc.

Plug in hybrid, selain diisi oleh mesin bakar, baterai-nya juga bisa dicasPlug in hybrid, selain diisi oleh mesin bakar, baterai-nya juga bisa dicas Foto: Toyota




Berkendara dalam jarak dekat misalnya untuk berbelanja, plug-in hybrid berperan seperti halnya mobil listrik yang tidak mengonsumsi bahan bakar apapun. Kini Toyota memposisikan mobil-mobil plug-in hybrid sebagai kendaraan inti yang bisa diandalkan dalam memenuhi tantangan kendaraan ramah lingkungan Toyota di 2050. Tantangan tersebut mengusung misi agar mobil, orang, dan lingkungan bisa hidup harmonis dan berencana untuk menguatkan produk di segmen ini.

Kelebihan Prius Terbaru, Kursi Depannya Bisa DiputarFoto: Toyota



Di Januari 2012, Toyota meluncurkan Prius PHV dengan tujuan mempromosikan mobil bertenaga listrik. Sejak peluncurannya, penjualan Prius mencapai telah mencapai 22.000 unit di Jepang, 75.000 unit di seluruh dunia termasuk Amerika dan Eropa.

Untuk mengisi baterai juga bisa menggunakan sel surya di atap mobilUntuk mengisi baterai juga bisa menggunakan sel surya di atap mobil Foto: Toyota


Fitur khusus yang dinamakan New Welcab bakal diluncurkan pada April. Model baru ini memungkinkan penumpang di kursi depan memutar dan menggeser posisi kursi membuatnya mudah untuk akses keluar dan masuk mobil sehingga meringankan beban para pengasuh.

Toyota menargetkan, Prius baru ini bisa terjual 2.500 unit di Jepang. Spesifikasi Prius Plug-in hybrid

  • Mesin model 2ZR-FXE
  • Kapasitas 1.797 cc
  • Tenaga maksimal 72 kW [98 PS]/5,200 rpm
  • Torsi maksimal 142 N・m [14.5 kgf・m]/3,600 rpm
  • Model motor listrik 1NM/1SM
  • Kapasitas motor 53 kW [72 PS]/23 kW [31 PS]
  • Maksimum torsi 163 N・m [16.6 kgf・m]/40 N・m [4.1 kgf・m]
  • Baterai ion lithium
  • Voltage 3.7 V
  • Kapasitas 25 Ah
  • Total electric power 8.8 kWh


(dry/lth)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
  • Geely Mundur Pinang Proton

    Geely Mundur Pinang Proton

    Senin, 27 Mar 2017 11:27 WIB
    Proton kini sedang mencari mitra strategis asing sebagai salah satu strategi bisnisnya. Sebelumnya dikabarkan, produsen Malaysia itu akan dipinang oleh Geely.
  • Hyundai Ubah Struktur Kepemilikannya?

    Hyundai Ubah Struktur Kepemilikannya?

    Senin, 27 Mar 2017 10:44 WIB
    Saham Hyundai Motor Co, akhir-akhir ini sempat bergerak kencang setelah adanya spekulasi kalau Hyundai akan melakukan restrukturisasi kepemilikannya.
  • Honda Luncurkan SUV Mewah UR-V

    Honda Luncurkan SUV Mewah UR-V

    Senin, 27 Mar 2017 10:13 WIB
    Honda di China kembali menambah jajaran model SUV lewat UR-V. Mobil diluncurkan oleh Dongfeng Honda sebagai SUV flagship di China.
  • Ferrari Bekas David Beckham Dilelang

    Ferrari Bekas David Beckham Dilelang

    Senin, 27 Mar 2017 09:19 WIB
    Sudah tidak dimungkiri mobil super sekelas Ferrari pasti menjadi impian banyak orang untuk memilikinya. Tak terkecuali pesepak bola profesional, David Beckham.
  • Begini Jadinya Kalau Jeep Diberi Turbo

    Begini Jadinya Kalau Jeep Diberi Turbo

    Senin, 27 Mar 2017 08:59 WIB
    Dalam sebuah ajang drag race, mobil Jeep yang biasanya tangguh di lintasan off road, dimodifikasi dengan menyelipkan turbo. Jeep mampu melesat 225 km/jam.