Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Kamis 16 Februari 2017, 13:46 WIB

4 Tahun Lagi Kia Punya Mobil Hidrogen Baru

M Luthfi Andika - detikOto
4 Tahun Lagi Kia Punya Mobil Hidrogen Baru Foto: Dadan Kuswaraharja
London - Dalam waktu 4 tahun lagi atau tahun 2021, produsen mobil Kia akan memiliki line up mobil hidrogen baru untuk dipasarkan massal.

Berbicara kepada autocar, seperti dilansir detikOto, Kamis (16/2/2017), Kepala Pemasaran Kia Eropa Artur Martin mengonfirmasi pengembangan mobil hidrogen sudah dilakukan meski Martin tidak menyebutkan secara detail mengenai spesifikasi mobil baru Kia itu.

Mobil konsep Kia NovoMobil konsep Kia Novo Foto: Reuters/Kim Hong-Ji


"Belum pasti mobil akan menggunakan bodi seperti apa, tapi akan berbeda dengan model mobil hidrogen sekarang di (Hyundai) ix35," tambah Kepala Penelitian Sel Bahan Bakar Kia Sae-Hoon Kim.

Sistem hidrogen Kia akan memiliki ukuran yang sama dengan mesin berkapasitas 2.000 cc namun meski lebih kecil 15 persen, mobil memiliki performa 10 persen lebih bagus. Sekali 'suntik' hidrogennya, mobil sanggup menjelajah sampai 804 km.

Saat ini Kia sudah menjual mobil hidrogen Borrego FCEV yang merupakan kembaran dari Hyundai ix55. Baik Kia dan Hyundai sudah menggunakan teknologi sel bahan bakar sejak 1990-an. Hyundai Tucson bertenaga hidrogen pertama kali diluncurkan pada pertengahan 2014.

Mobil hidrogen anyar merupakan bagian dari upaya Kia untuk secara dramatis mengurangi emisi CO2 dengan menganti 70 persen mesinnya dalam 4 tahun ke depan. Kia juga akan merilis mobil plug in hybrid, hybrid dan mobil listrik.

(ddn/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed