Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Senin 13 Februari 2017, 08:15 WIB

Merek Mobil Ikonik India Dijual ke Peugeot

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Merek Mobil Ikonik India Dijual ke Peugeot Foto: AFP via BBC
New Delhi - Otolovers ingat mobil-mobil kecil yang sering muncul di film India? Merek mobil Ambassador namanya, merek itu sekarang jadi milik Peugeot.

Pemilik Ambassador yang dulu, Hindustan Motors seperti dilansir BBC memutuskan untuk melepasnya ke Peugeot senilai US$ 12 juta.

Ambassador merupakan salah satu mobil India yang paling prestisius di eranya. Mobil sering dipakai oleh pejabat pemerintah. Namun sejak 2014, produksinya terhenti. Peugeot sebagai pemilik baru merek Ambassador belum disebutkan apakah akan kembali menghidupkan lagi merek itu.

Mobil AmbassadorMobil Ambassador Foto: AFP via BBC


Ambassador aslinya adalah sebuah mobil yang dibangun berdasarkan mobil Morris Oxford, sebuah mobil Inggris. Selama 3 dekade Ambassador menjadi Raja Mobil India. Namun seiring masuknya Maruti Suzuki, Ambassador mulai kehilangan tempat.

Jadi mobil taksi juga di IndiaJadi mobil taksi juga di India Foto: AFP via BBC


Ambassador selama tahun 1960-1980-an sukses menjadi simbol status di India dan menjadi satu-satunya mobil mewah yang diproduksi saat itu.

Mobil dikenal memiliki ruang kabin yang lega dan suspensi yang enak, yang cocok dengan jalanan India. Malah mobil tercatat sebagai mobil diesel pertama di India dan termasuk yang pertama punya penyejuk udara.


Mobil banyak yang tidak berfungsiMobil banyak yang tidak berfungsi Foto: AFP via BBC

Namun di sisi kemewahannya itu, mobil juga dikenal memiliki beberapa kelemahan, misalnya rem tangannya yang kadang tidak berfungsi, atau masalah di rem. Kontrol indikatornya pun ditempatkan di posisi yang tidak biasa. Belum lagi masalah setir.

Kejayaan Ambassador mulai berhenti. Mobil yang biasanya terjual sekitar 20.000 unit di pertengahan 1980-an menyusut menjadi 2.000 di tahun 2013-2014.



(ddn/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed