Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Sabtu 28 Jan 2017, 18:14 WIB

Kiprah Mobil China di Indonesia

Tak Ada APM, Pengguna Chery QQ Comot Onderdil dari Mobil Jepang

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Tak Ada APM, Pengguna Chery QQ Comot Onderdil dari Mobil Jepang Foto: Jac-Q Chery Club
Jakarta - Merek mobil asal China, Chery sempat mampir di pasar Indonesia. Namun saat ini agen pemegang merek (APM) Chery tak ada lagi.

Menurut Humas Jac-Q Chery Club, Iwan Ferianto sebagai pengguna Chery QQ, karena tak ada APM, saat ini tidak ada penyedia suku cadang untuk mobilnya. Alhasil, Iwan dan anggota Jac-Q Chery Club lainnya harus pintar comot onderdil dari sana-sini.

"Sementara ini kita pakai beberapa onderdil yang sama kayak Suzuki Karimun yang kotak. Seperti part kopling, shock breaker sama," kata Iwan kepada detikOto, Sabtu (28/1/2017).

Mobil Chery QQ yang digunakan Iwan sebenarnya bisa dioprek oleh bengkel mana pun. Tapi, Jac-Q Chery Club memiliki montir sendiri yang bisa dipanggil ke rumah jika dibutuhkan.

Iwan bercerita, suku cadang beberapa mobil Jepang juga bisa digunakan pada Chery QQ miliknya. Biasanya, salah satu anggota Jac-Q Chery Club mencoba menggunakan suku cadang merek Jepang terlebih dahulu, baru anggota lainnya mengikuti.

"Ada beberapa komponen yang bisa pakai Xenia. Tapi yang paling banyak sih yang Karimun kotak itu. Awalnya kita dari klub coba-coba dulu, oh ini pas. Akhirnya menyebar. Jadi sekarang kita enggak pusing-pusing lagi," ujar Iwan.

Otolovers punya mobil China? Kirim pendapat Anda tentang mobil Anda ke redaksi@detikoto.com (rgr/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed